nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LPS Rate Tak Bisa Pengaruhi Suku Bunga Deposito

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 13 September 2016 16:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 09 13 320 1488187 lps-rate-tak-bisa-pengaruhi-suku-bunga-deposito-etSMd2qsYG.jpg Ilustrasi perbankan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) memutuskan untuk menurunkan tingkat bunga penjaminan bank umum dalam Rupiah sebesar 50 basis poin menjadi 6,25 persen. Butuh waktu untuk mempengaruhi suku bunga kredit perbankan.

Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah mengatakan, memang penurunan tingkat bunga penjaminan tidak serta merta langsung mempengaruhi bunga penyaluran kredit perbankan. Namun karena LPS rate mempengaruhi bunga simpanan di perbankan sepeti deposito, maka seharusnya juga bisa mempengaruhi perbankan dalam menetapkan tingkat suku bunga kredit.

"LPS rate itu tengah-tengah dari perubahan 7 days reverse repo rate ke deposito. Sebetulnya bagi bank-bank leader yang tentukan suku bunga deposito umumnya tidak berpengaruh LPS rate," tuturnya di Equity Tower, Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Halim melanjutkan, LPS rate sebenarnya sangat berpengaruh langsung ke perbankan yang memiliki likuiditas kecil dan pengelolaan likuiditas yang kurang baik. Sehingga butuh waktu yang cukup panjang penurunan LPS rate mempengaruhi suku bunga kredit perbankan.

Dia memperkirakan pengaruh penurunan LPS rate akan mempengaruhi suku bunga kredit dalam rentang waktu enam bulan sampai satu tahun. Akan tetapi tergantung juga dengan kondisi perekonomian makro dan likuiditas industri perbankan.

"Kalau likuiditasnya berlimpah akan lebih cepat. Kadang-kadang transmisinya bergeser-geser tergantung situasi ekonominya. Tapi umumnya segitu," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini