nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Ingin Penyaluran Subsidi dan Bansos dalam 1 Kartu

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 18:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 09 21 20 1495156 jokowi-ingin-penyaluran-subsidi-dan-bansos-dalam-1-kartu-lv30n3RGMz.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ke depan, penyaluran subsidi dan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat miskin dapat diimplementasikan hanya dengan satu kartu yang terintegrasi ke seluruhnya.

Jokowi menyebutkan, pada rapat terbatas April 2016, baru bansos yang disepakati untuk implementasiannya dengan menggunakan satu kartu.

"Saya juga telah memerintahkan agar semua bantuan sosial diberikan dalam bentuk non tunai, melalui perbankan, melalui banking system kita dan diintegrasikan dalam satu kartu," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

(Baca Juga: Subsidi Harus Tepat Sasaran, Ini Penting Sekali)

Dalam implementasiannya, Jokowi meminta penyaluran subsidi dan bansos bisa langsung dilakukan kepada masyarakat penerima manfaat dan pemerintah juga terus melakukan perbaikan kualitas barang dan jasa bagi yang diterima masyarakat.

"Mulai dari pelayanan jasa kesehatan, jasa pendidikan, bantuan beras, bantuan pupuk dan yang lain-lainnya," tandasnya.

Jokowi menyebutkan, anggaran belanja subsidi dalam APBNP 2016 mencapai Rp177,8 triliun atau kurang lebih 13,6 persen dari total belanja pemerintah pusat. Di mana, dari total anggaran subsidi Rp94,4 triliun adalah untuk subsidi energi atau 53 persen dan sisanya Rp83,4 triliun atau 47 persen adalah untuk subsidi non energi.

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah juga mengalokasikan belanja bantuan sosial pada APBNP 2016 sebesar Rp59 triliun dan Rp47 triliun untuk dana desa.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini