nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Subsidi Harus Tepat Sasaran, Jokowi: Ini Penting Sekali

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 21 September 2016 17:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 09 21 20 1495119 subsidi-harus-tepat-sasaran-jokowi-ini-penting-sekali-tVKzzNLAUK.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan bahwa anggaran subsidi pada APBNP 2016 harus tepat sasaran, artinya pemerintah menekankan penyaluran subsidi benar-benar ke masyarakat yang membutuhkan.

"Saya juga menekankan agar ketepatan sasaran, penerimaan manfaat harus menjadi perhatian utama sehingga perbaikan database penerima manfaat dan segera realisasi penggunaan identitas tunggal. Ini penting sekali," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Jokowi menyebutkan, anggaran belanja subsidi dalam APBNP 2016 mencapai Rp177,8 triliun atau kurang lebih 13,6 persen dari total belanja pemerintah pusat. Di mana, dari total anggaran subsidi Rp94,4 triliun adalah untuk subsidi energi atau 53 persen dan sisanya Rp83,4 triliun atau 47 persen adalah untuk subsidi non energi.

(Baca Juga: Jokowi Mau Anggaran Subsidi Kurangi Angka Kemiskinan)

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah juga mengalokasikan belanja bantuan sosial pada APBNP 2016 sebesar Rp59 triliun dan Rp47 triliun untuk dana desa.

"Dana Bansos dan subsidi berbasis individu, keluarga, rumah tangga dan atau usaha dapat dikombinasikan dengan dana desa atau dan lainnya yang berbasis kewilayahan maupun berbasis sektoral," tambahnya.

Jokowi berharap, pemberian subsidi dari pemerintah justru membuat masyarakat lebih kuat, mandiri lagi perekonomian, serta tidak menimbulkan ketergantuangan.

"Ini yang perlu digarisbawahi, tidak justru menimbulkan ketergantungan. Selain itu dalam pemberian subsidi dan bantuan sosial pertimbangkan pula aspek kesibambungan fiskal kita," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini