Replika London Tower Bridge Terbuat dari 5,8 Juta Bata Lego

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 03 Oktober 2016 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 03 470 1504633 replika-london-tower-bridge-terbuat-dari-5-8-juta-bata-lego-yU3p0huWtY.jpg Foto: UPI.com

JAKARTA - Sebuah replika dari ikon kota London, yakni jembatan London Tower Bridge berhasil memecahkan rekor dunia. Pasalnya replika tersebut terbuat dari tumpukan bata lego yang didaulat menjadi patung lego terbesar di dunia.

Jembatan replika tersebut digunakan saat peluncuran mobil terbaru dari perusahaan otomotif asal Inggris, Land Rover. Tiruan jembatan ini setinggi 42 kaki (12,8 meter) dan disusun sedemikian rupa menggunakan sebanyak 5.805.846 bata Lego.

Dengan jumlah bata sebanyak itu, bata-bata lego itu jika direntangkan panjangnya mencapai 200 mil (322 km) atau sama seperti jarak dari London ke Paris.

Replika jembatan legendaris dunia ini dirancang Duncan Titmarsh, satu-satunya warga Inggris yang memiliki Sertifikasi Lego Profesional. Dia memerlukan waktu 5 bulan untuk membuat jembatan tersebut. Titmarsh juga dibantu beberapa anggota Lego Master Builders. Seperti dilansir Guinness World Record, untuk melengkapi replika jembatan, juga dibuat perahu Land Rover BAR.

”Sangat menegangkan, perusahaan otomotif ini menggunakan jembatan dari Lego dengan kreativitas memecahkan Guinness World Record dalam peluncuran mobil terbarunya,” jelas Emma Owen, juru bicara LEGO Inggris dan Irlandia, seperti dilansir UPI .

Dengan bata Lego dan sejumlah imajinasi, Anda benar-benar dapat membangun apapun!,” lanjut Owen.

Rekor baru ini mengalahkan rekor sebelumnya berupa replika pesawat tempur Star Wars X yang dibangun dengan 5.335.200 bata pada 2013 untuk mempromosikan kartun Star Wars: Clone Wars .

Dibutuhkan bata Lego sebanyak 186.500 biji untuk membuatnya. Di akhir acara, peraih medali emas Olimpiade Sir Ben Ainslie mengemudikan mobil SUV baru melintasi air sedalam 9 cm di bawah jembatan sambil menarik replika perahu Land Rover BAR. Perahu ini akan turut bertanding dalam ajang Americas Cup tahun depan. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini