Image

Soal Perobohan Gedung, Indonesia Perlu Belajar dari Negara Lain

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Rabu 19 Oktober 2016, 10:23 WIB
https img okeinfo net content 2016 10 19 470 1518551 soal perobohan gedung indonesia perlu belajar dari negara lain Iuu7DD2b5n jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dinilai perlu belajar dari negara-negara lain untuk penanganan kasus perobohan gedung. Hal tersebut seiring dengan banyaknya bangunan mangkrak dan terbengkalai di Jakarta.

Beberapa gedung yang perlu mendapat perhatian dan penanganan lebih, seperti Gedung Panin di bilangan Bintaro, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Menurut Pengamat Perkotaan dari Universitas Trisakti Nirwono Joga, kontraktor-kontraktor asal Singapura, Australia, maupun Amerika Serikat dinilai memiliki pengalaman dalam merobohkan bangunan.

"Belajar dari kasus perobohan bangunan di Bintaro, kita perlu belajar dengan mengundang kontraktor luar yang lebih berpengalaman dan profesional, cepat, tuntas soal perobohan gedung tinggi," kata Nirwono kepada Okezone, Rabu (19/10/2016).

Nirwono menjelaskan, pemerintah bisa memfasilitasi para kontraktor dengan memberi pelatihan dan sertifikasi spesialis perobohan gedung tinggi. Pasalnya selama ini hal tersebut masih sangat jarang dilakukan. (fir)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini