Image

Bangunan Mangkrak Lebih Baik 'Ditebang' Saja

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 18 470 1517993 bangunan-mangkrak-lebih-baik-ditebang-saja-V9OzSlSfqn.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Bangunan-bangunan mangkrak yang konstruksinya tidak kunjung rampung dinilai memiliki dampak negatif. Untuk itu bangunan-bangunan tersebut perlu ditinjau lagi aspek pemanfaatannya. Pasalnya aspek pemanfaatan ruang jadi syarat dibangunnya gedung.

Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) Budi Situmorang mengatakan, dari segi tata ruang, bangunan mangkrak sebenarnya tidak menyalahi tata ruang.

"Kalau tata ruangnya mungkin benar, tapi cuma sebagai gedung tapi dari aspek pemanfaatannya perlu diawasi karena enggak berfungsi kan, harus dilihat dari adjustment pemanfaatannya," kata Budi kepada Okezone di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Dia mencontohkan, salah satunya adalah seperti Gedung Panin di Bintaro, Tangerang Selatan, yang akan dirobohkan lantaran tidak berfungsi puluhan tahun. (Baca juga: Pembongkaran Gedung Panin Bintaro Tak Perlu dengan Metode Pembebanan)

Menurutnya, sudah sepantasnya bangunan tersebut dirobohkan. Pasalnya dari segi pemanfataan ruang sudah tidak ada lagi.

"Memang harusnya itu dilakukan low enforcement setiap pembangunan itu supaya dipercepat enggak mangkrak lagi, atau di tebang saja sekalian seperti Gedung Panin itu, karena enggak ada fungsinya kan," terangnya.

Untuk sekadar diketahui, Gedung Panin yang terletak di Bintaro Sektor 7, Tangerang Selatan memiliki 19 lantai. Bangunan ini dibangun pada 1995 yang mangkrak dan tidak rampung hingga saat ini.

Bangunan itu sempat pernah dicoba untuk dirobohkan namun gagal karena dinilai tidak sesuai prosedur. Akhirnya pemerintah setempat mengambil alih dengan menunjuk kontraktor PT Wahana Infonusa sebagai eksekutor pembongkaran gedung.

Seberat 400 ton pasir rencananya akan digunakan untuk merobohkan gedung yang dibangun pada masa Orde Baru tersebut.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini