Image

Pembongkaran Gedung Panin Bintaro Tak Perlu dengan Metode Pembebanan

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 15:26 WIB
https img o okeinfo net content 2016 10 18 470 1517825 pembongkaran gedung panin bintaro tak perlu dengan metode pembebanan k2wSTFz429 jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Proses pembongkaran gedung tua di bilangan Bintaro, Sektor 7, Pondok Aren, Tangerang Selatan, meleset dari target yang direncanakan. Bangunan tersebut rencananya akan dibongkar pada Jumat 14 Oktober 2016 dengan manggandeng kontraktor PT Wahana Infonusa.

Namun, hingga Senin 17 Oktober 2016 bangunan tidak kunjung roboh. Sehingga kontraktor pun menunda pembongkaran hingga tiga hari ke depan dan menambahkan beban hingga 400 ton di atas bangunan dari yang sebelumnya 150 ton.

Menurut Ketua Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI) Davy Sukamta, pembongkaran bangunan mangkrak tersebut dinilainya tidak perlu menggunakan metode pembebanan.

"Kalau menurut saya dibongkarnya per komponen saja, mulai dari pelat, lalu balok ya, baru kemudian kolomnya," terang Davy kepada Okezone, Selasa (18/10/2016).

Davy melanjutkan, kendati begitu penggunaan metode pembongkaran kembali kepada pilihan kontraktor. Dia juga menyatakan, pembongkaran semi manual per komponen dianggap lebih aman.

"Lebih aman dan juga lebih pasti bahwa bangunan akan roboh kalau per komponen dibongkar," kata dia.

Sebelumnya seperti yang sudah diberitakan, Manager Project PT Wahana Infonusa Ari Yudhanto menjelaskan, molornya target perobohan gedung tua itu lebih dikarenakan adanya perbedaan analisa spesifikasi bangunan gedung, hingga pembebanan yang mulanya di target 150 ton karung berisi pasir, kini ditambah menjadi 350 sampai 400 ton karung pasir.

"Rencana awal memang prediksi kita dengan membebani 150 ton pasir itu cukup, tapi setelah dievaluasi kembali ternyata harus ada penambahan hingga total mencapai 350 sampai 400 ton karung pasir," kata Ari.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini