Share

Potensi Shortfall Rp219 Triliun, Ini Jurus Sri Mulyani Capai Target Penerimaan

Dedy Afrianto, Okezone · Kamis 10 November 2016 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 10 20 1538439 potensi-shortfall-rp219-triliun-ini-jurus-sri-mulyani-capai-target-penerimaan-1qadGUmmyj.jpg Sri Mulyani (Foto: Antara)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa hingga akhir tahun 2016 masih terdapat potensi shortfall sebesar Rp219 triliun. Menurut Sri Mulyani, hal ini harus disiasati dengan kebijakan fiskal yang harus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami akan terus menjaga dari sisi fiskal, bahwa agar kuartal IV aktivitas dan instrumen fiskal memberikan kontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi," kata Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (11/10/2016).

Jelang akhir tahun, Sri pun meminta agar pemerintah membelanjakan anggaran pada sektor produktif. Sebab, hal ini akan dampak pada pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek.

"Akhir tahun biasanya merupakan eksekusi procuremen dari sisi yang dilakukan. Apakah K/L bisa eksekusi terutama belanja modal dan barang yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi," kata Sri Mulyani.

"Dengan pengadaan yang baik bahkan K/L bisa saving. Katakan anggaran Rp100 triliun, tapi karena pengadaan baik cuma Rp 80 triliun. Di akhir tahun biasanya mereka sampaikan sisa dan minta izin gunakan sisa anggaran," tutupnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini