TIPS KARIER: 9 Ide Bertahan dan Sukses di Bawah Bos 'Killer'

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 15 Januari 2017 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 15 320 1591924 tips-karier-9-ide-bertahan-dan-sukses-di-bawah-bos-killer-hHlrLbXSfE.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - Dalam sebuah perusahaan, kadang ada karyawan yang memiliki pimpinan yang justru menghambat perkembangan karir. Tapi yang harus Anda ketahui, manajer atau atasan yang galak justru bisa menjadi pemacu kinerja agar lebih fokus dan produktif lagi.

Tapi terkadang ada juga bos yang galaknya sudah masuk level 'pengganggu'. Bos tipe seperti ini justru akan membuat Anda stress dan lingkungan kerja tidak nyaman. Anda harus bisa bedakan, mana bos galak yangbisa membaut Anda berkembang dan mana yang membuat Anda tertekan.

Untuk menghadapi bos yang menyebalkan harus menggunakan trik khusus. Melansir The Balance, berikut hal yang bisa Anda lakukan untuk bertahan dari bos galak:

Jadikan sabar sebagai kekuatan utama

Meski terbesit untuk melawan atau marah kepada bos, usahakan Anda bisa mengatur emosi diri. Salah satunya adalah dengan menggigit lidah Anda dan menghitung 10,100, atau bahakn 1000, tergantung tingkat stres Anda. Ini bisa membantu meredakan emosi yang mendidih.

Jangan beralasan

Bos hanya ingin tahu bagaimana hasil dari pekerjaan Anda. Tidak peduli apa maaslah, alasan, dan hambatan yang Anda hadapi. Seorang pemimpin akan berharap karyawannya bisa mendapatkan hasil sebaik mungkin. Jadi jangan harap mendapatkan simpati dari Bos dan usahakan jangan beralasan saat menghadapi masalah. Yang Bos inginkan hanya hasil.

Jangan bergosip

Sikap buruk Bos bisa menjadi salah satubahan gosip. Tapi Anda harus menghindari ini. Karena bergosip tidak akan membuat Bos Anda menjadi baik.

Cari tahu yang diinginkan bos Anda

Apakah dia sedang fokus untuk mengembangkan perusahaan? Apakah dia dulunya seorang karyawan yang mendedikasikan hidupnya untuk bekerja? Anda harus bisa memecahkan kode apa yang sebenarnya Bos inginkan. Dengan begitu akan lebih mudah mengerjakan pekerjaan saat sudah mengetahui tujuan dari si Bos.

Bantu pekerjaan divisi lain

Ketika Anda bisa membantu memecahkan masalah dan memperbaiki masalah yang sedang rumity-rumitnya di kantor, Anda akan dinilai lebih berharga oleh si Bos.

Jangan berpikir Anda tidak dihargai

Jangan pernah menganggap kalau diri Anda tidak disukai Bos. Manajer mungkin tidak memberikan penilaian secara lisan, tapi Anda tidak seharunya menganggap diri Anda negatif. Yang terpenting adalah terus berpikir positif dan lebih produktif. Dengan begitu penialian bos akan baik kepada Anda.

Belajar dari bos Anda

Kalau manajer Anda ingin melihat keterampilan Anda, gunakan kesempatan ini untuk bertanya dan belajar. Bagaimana dia bisa menjalankan tugas di posisi Anda dulu. Mungkin ini tidak akan begitu nyaman tapi tidak menutup kemungkinan Anda akan mengalami perkembangan.

Jangan berusaha berteman dengan bos

Melakukan pendekatan boleh saja. Tapi bukan berarti Anda harus memaksakan diri berteman dengan Bos. Situasi canggung ini nantinya hanya akan memperparah keadaan.

Ucapkan apresiasi yang tulus atas pelajaran yang Anda dapatkan

Kalau Anda mendapatkan pelajaran baru dari kesalahan yang membuat Bos marah, tidak ada salahnya memberi apresiasi yang tulus. Mengucap terimakasih atas pelajaran yang diberikan bisa sedikit meredakan emosi atasan Anda.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini