Share

Perlahan Kota-Kota di RI Mulai Pelajari Konsep Smart City

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 27 Januari 2017 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 27 470 1602483 perlahan-kota-kota-di-ri-mulai-pelajari-konsep-smart-city-GS9nQVIVRk.jpg Ilustrasi Smart City (Foto: Shutterstock)

TANJUNGBALAI – Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungbalai, Sri Silvisa Novita bertemu dengan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil untuk mempelajari konsep smart city di kota tersebut.

Dalam pertemuan di rumah dinas Wali Kota Bandung itu, M Syahrial menyampaikan harapannya kepada Pemerintah Kota (Pemko) Bandung agar dapat memberikan dukungan kepada Pemko Tanjungbalai dalam pelaksanaan sistem informasi dan pelayanan berbasis internet atau smart city yang telah sukses diterapkan di Kota Bandung.

Menghadapi era teknologi informasi berbasis internet, semua daerah dituntut untuk melakukan setiap transaksi elektronik online mulai dari e-planning, e-accounting, e-budgeting, dan sistem online pelayanan publik. “Maka itu kami belajar dari Pemko Bandung,” papar M Syahrial melalui siaran persnya.

Sejumlah pejabat tinggi Pemko Tanjungbalai juga ikut serta dalam pertemuan tersebut di antaranya Asisten I Pemerintahan Kota Tanjungbalai Ahmad Sanaan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemko Tanjungbalai Ahmad Solihin, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemko Tanjungbalai Ferry Siagian, Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Pemko Tanjungbalai Nurmalini Marpaung.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemko Tanjungbalai, Ferry Siagian menambahkan, Pemko Tanjungbalai mengharapkan masukan dari Wali Kota Bandung Ridwal Kamil untuk menerapkan konsep smart city di Kota Tanjungbalai untuk meningkatkan pelayanan publik.

Penerapan itu juga sesuai dengan kondisi masyarakat saat ini yang sebagian besar telah menggunakan telepon seluler (ponsel) berbasis internet. “Kami harus memanfaatkan teknologi informasi ini agar ke depan segala jenis layanan di Kota Tanjungbalai bisa lebih cepat dan lebih baik,” paparnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab dan santai itu, kedua kepala daerah ini juga saling berbagi informasi dan masukan guna meningkatkan inovasi daerah, penyelenggaraan pemerintahan, dan pembangunan masyarakat. Usai pertemuan, kedua wali kota saling bertukar cenderamata.

(dhe)

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini