Share

Bali Belajar Smart City dari Bandung

ant, Jurnalis · Rabu 21 Desember 2016 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2016 12 21 470 1572063 bali-belajar-smart-city-dari-bandung-eAq1veEZtP.jpg Ilustrasi: Shutterstock

SINGARAJA - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, mengunjungi Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat untuk mempelajari penerapan "smart city" melalui program Kerjasama Antar Daerah (KSAD) berbagai bidang.

Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Pemkab Buleleng, Dewa Ketut Manuaba, Rabu, mengatakan, rombongan terdiri dari instansi terkait seperti Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Dinas Koperasi, Perdagang dan Perindustrian, Bagian Pemerintahan, BPKAD, serta Bagian Humas dan Protokol.

Ia mengatakan, pertemuan tersebut juga sebagai upaya menjalin kerja sama antardaerah dalam hal ini Pemkab Buleleng dan Pemkot Bandung. Kerjasama ini dimaksudkan untuk mempererat hubungan kedua daerah.

Selain itu, kerja sama dimaksudkan untuk alih pengetahuan (transfer knowledge) dan pengalaman best practices antar aparatur pemerintahan (city sharing). Keterpaduan pembangunan antar kawasan, mewujudkan efisiensi, efektivitas, serta sinergitas dalam pembangunan dan penyediaan pelayanan umum kepada masyarakat.

"Pengoptimalan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing daerah guna mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan menjadi maksud dari kerja sama ini," ucap Dewa Ketut Manuaba.

Menurutnya, kerjasama ini juga bertujuan untuk percepatan pembangunan daerah. Peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan sumber daya kedua daerah menjadi tujuan utama.

Ruang lingkup kerjasama ini antara lain pengembangan smart city dan e-government, pengembangan ekonomi kreatif, koperasi dan ukm, pengembangan SDM, perencanaan daerah, kebudayaan dan pariwisata, promosi dan pengembangan industry, perdagangan, investasi, lingkungan hidup, kebersihan, serta pertamanan.

"Kesejahteraan masyarakat menjadi tujuan utama dari kerjasama antar daerah ini," imbuh Dewa Ketut Manuaba.

Pada kesempatan ini, rombongan Pemkab Buleleng juga diajak berkeliling di command center Pemkot Bandung. Dari command center Pemkot Bandung bisa mengetahui langsung permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Smart City merupakan salah satu kerjasama dengan Pemkot Bandung.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini