Share

Smart City, Memadukan Teknologi dan SDM

ant, Jurnalis · Minggu 08 Januari 2017 10:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 01 08 470 1585980 smart-city-memadukan-teknologi-dan-sdm-2Rb8yd1YDF.jpg Ilustrasi: Shutterstock

PANDEGLANGSmart city atau kota pintar kini tengah dikembangkan berbagai wilayah di Indonesia. Namun, untuk mewujudkannya dibutuhkan program terintegrasi yang memadukan perkembangan teknologi dan kualitas sumber daya manusia.

"Untuk mewujudkan kota pintar, kita harus bisa memaduka antara perkembangan teknologi dan SDM, memang tidak mudah tapi tetap akan diupayakan," kata Bupati Pandeglang Provinsi Banten Irna Narulita di Pandeglang.

Irna menyatakan dengan kerja keras dan dukungan berbagai pihak, termasuk masyarakat, program apapun, termasuk kota pintar akan bisa diwujudkan.

"Tahun lalu saya menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding-MoU) dengan pemerintah Kota Bandung, yang telah melaksanakan program smart city," katanya.

Dengan kerja sama tersebut akan ada sebuah transfer informasi dan ilmu pengtahuan dari Kota Bandung, terkait pembentukan smart city untuk diterapkan di Kabupaten Pandeglang.

Bupati juga berharap konsep smart city ini dapat segera diterapkan di Pandeglang karena dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat atau mengantisipasi kejadian yang tak terduga.

"Itu bisa kami wujudkan dengan adanya taman pintar, e-planning, dan e budgeting agar lebih terarah, efesien dan terukur," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Sandi Dan Statastik Pandeglang Yahya Gunawan menyatakan sedang mempersiapkan program untuk mewujudkan Pandeglang sebagai smart city.

"Setelah kami melakukan kerja sama tersebut, ada beberapa hal yang kami adobe untuk dapat diterapkan di Pandeglang walaupun tidak mudah," katanya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini