nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Pasar Tradisional di Boyolali Bakal Direvitalisasi

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Rabu 01 Februari 2017 07:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 01 320 1606235 dua-pasar-tradisional-di-boyolali-bakal-direvitalisasi-ycXPOhQszd.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

BOYOLALI - Revitalisasi pasar tradisional di Boyolali terus digalakkan. Setelah Pasar Sambi selesai dibangun dan diresmikan pada Senin 30 Januari 2017 oleh Presiden Joko Widodo, tahun ini dipastikan Pasar Mojosongo dan Pasar Wonosegoro yang akan dibangun ulang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Boyolali Suyitno menjelaskan, dua pasar tradisional tersebut direncanakan dibangun tahun ini dengan nilai masing-masing Rp3 miliar dengan dana dari APBD. Selain dua pasar tradisional tersebut, sejumlah pasar juga akan direvitalisasi. Namun, karena anggarannya berasal dari pemerintah pusat, rencana pembangunannya pun mesti menunggu instruksi. 

"‎Untuk tahun ini yang dipastikan direvitalisasi ada dua pasar, yakni Pasar Mojosongo dan Wonosegoro," ucap dia seperti mengutip KRjogja, Rabu (1/2/2017).

Bupati Boyolali Seno Samodro sebelumnya mengatakan, selain dua pasar tersebut, sejumlah pasar yang akan direvitalisasi yakni Pasar Pengging, Banyudono, Cepogo dan Andong. Tak main-main, untuk dua pasar, yakni Pasar Pengging di wilayah Banyudono dan Pasar Cepogo di Kaki Merbabu akan dibangun dengan anggaran masing-masing mencapai Rp40 miliar.

Pembangunan pasar secara megah tersebut dimaksudkan karena keduanya berada di wilayah kawasan wisata yang yang saat ini tengah dikembangkan. Sementara Pasar Andong akan dibangun dengan dana senilai Rp10 miliar. 

Revitalisasi pasar tradisional di Boyolali juga akan mengusung muatan lokal, dengan menonjolkan potensi di masing-masing wilayah.  "Kebijakan revitalisasi pasar tradisional ini sejalan dengan program pemerintah pusat yang memang sedang merevitalisasi ribuan pasar di seluruh Indonesia," tuturnya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini