nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duh! Petani di Kota Ini Terancam Gagal Panen

Agregasi Kedaulatan Rakyat, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 11:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 03 320 1608379 duh-petani-di-kota-ini-terancam-gagal-panen-e93NXynmCE.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

REMBANG - Akibat hujan deras yang terus mengguyur sebagian besar wilayah di Kabupaten Rembang kualitas beras petani dari hasil panen di musim pertama (MT-1) tahun 2017 ini terancam anjlok. Selain itu, munculnya serangan hama wereng di beberapa wilayah berpotensi membuat para petani di kawasan ini terancam gagal panen (puso).

Petani di Desa Kasreman,Kecamatan kota Rembang, Kastari (50) mengatakan, tingkat kandungan air dari gabah yang baru saja dipanen tidak cepat hilang. Ia khawatir kandungan air yang masih saja tinggi dalam waktu sepekan membuat kualitas beras menjadi jelek.

"Saya khawatir kalau terus saja mengandung air setelah masa panen, gabah tumbuh akarnya. Sudah sepekan ini saya tidak bisa menjemur karena tidak ada panas dari sinar matahari,” kata Kastari, Jumat (3/2/2017), dikutip dari KRjogja.

Kastari juga mengeluhkan dampak dari kondisi gabah yang masih basah, membuat tengkulak terkesan enggan melakukan transaksi pembelian. Alasannya, kebanyakan tengkulak juga sama yang dikeluhkan petani, yaitu kesulitan menjemur untuk mengeringkan. Sebab, mayoritas petani maupun pedagang masih mengandalkan sinar matahari untuk mengeringkan gabah (manual). 

"Petani hanya meletakkan gabah di ruang tamu rumah, tanpa dikemas dengan menggunakan karung. Langkah itu untuk menekan tumbuhnya jamur pada gabah, akibat terlalu lama dalam kondisi basah,” katanya.

(ran)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini