Share

TIPS LARIS: 7 Kiat Menjadi Sales Sukses!

Rizkie Fauzian, Jurnalis · Sabtu 04 Maret 2017 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 320 1633200 tips-laris-7-kiat-menjadi-sales-sukses-Owt0OisTyA.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Sebagai seorang yang ahli di bidang penjualan, ada begitu banyak hal yang tidak dapat Anda kontrol, seperti tren pasar hingga perubahan yang terjadi perusahaan. Namun, sebagai seorang sales, Anda bisa mengontrol berapa banyak yang Anda jual.

Tak perlu mengkhawatirkan sesuatu yang berada di luar kendali Anda, saatnya fokus dengan hal yang Anda kuasai, yakni penjualan. Seperti dilansir dari Entrepreneur, Sabtu (4/3/2017), berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan agar penjualan Anda sukses.

1. Perjelas tujuan Anda

Banyak tenaga penjual yang memisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan, tapi dalam penjualan, all goals are personal. Tujuan hidup Anda harus bisa mendorong tujuan profesional Anda. Artinya, langkah pertama agar penjualan Anda sukses adalah perjelas tujuan Anda atau lebih spesifik menuliskan apa yang akan Anda capai tahun depan.

2. Tahu berapa target yang dibutuhkan

Berapa banyak penjualan yang Anda butuhkan setiap minggu?berapa banyak pertemuan atau meeting yang Anda atur?. Anda harus mengetahui semua jawaban dan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Anda harus mengetahui hal tersebut secara spesifik. Strategi ini memang cukup sederhana, tapi sangat efektis membantu Anda.

3. Tujuh detik pertama yang menentukan

Penelitian menujukkan bahwa hanya dibutuhkan waktu 7 detik untuk seseorang memutuskan apakah akan melanjutkan percakapan dengan orang asing atau tidak. Jika Anda tidak memiliki pembukaan yang tepat saat obrolan berlangsung, maka itu akan sia-sia. Namun, jika Anda sudah menguasai percakapan dalam 7 detik tersebut maka akan mudah bagi Anda untuk melanjutkan percakapan selanjutnya.

4. Jangan Terpaku dengan pola penjualan

Jika Anda ingin keluar dari kerumunan penjual di pasar, maka Anda harus berhenti bertindak seperti penjual lainnya. Artinya, Anda harus memiliki pola tersendiri, mematahkan pola yang sudah ada atau normal dengan memiliki standar penjualan tersendiri.

5. Jangan takut untuk menolak

Tidak semua orang yang berprospek bisa menjadi klien Anda. Anda harus memiliki kualifikasi tersendiri, jika memang orang tersebut tidak cocok dengan produk Anda maka jangan dipaksakan. Daripada Anda harus membujuk, dan memaksakan itu akan menjadi tidak baik terutama bagi penjualan Anda nantinya.

6. Ajukan pertanyaan tentang tantangan

Buatlah percakapan dengan klien Anda, sehingga dapat diketahui apa masalah yang sedang dihadapi dan bagaimana cara mengatasinya.

7. Berkenalan dengan banyak orang

Tidak ada yang bisa membuat Anda menjadi seorang penjual yang hebat tanpa bantuan seseorang. Jangan malu untuk bertanya kepada teman, bahkan musuh Anda sekalipun untuk diperkenalkan dengan orang atau calon klien.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini