Image

Tingkatkan Perlindungan Konsumen, BPOM Bakal Barcode Produk Makanan

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 16:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648374 tingkatkan-perlindungan-konsumen-bpom-bakal-barcode-produk-makanan-eDHihzWtNf.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan rapat terbatas untuk membahas mengenai perlindungan konsumen. Turut hadir dalam rapat terbatas kali ini Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito.

Menurut Penny, terdapat beberapa arahan khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya adalah peningkatan pengawasan pada makanan di pasar dan jajanan anak di sekolah-sekolah. Program ini pun telah dimiliki oleh BPOM.

Tak hanya itu, teknologi pun akan digunakan. Salah satunya adalah dengan cara memberikan barcode pada makanan untuk mempermudah pengawasan.

"Kedua kita akan gunakan teknologi informasi untuk lakukan pengawasan rutin dan itu kita sedang siapkan aplikasi barcode di produk terutama di obat, tapi nanti ke pangan juga. Sehingga di situ akan ketahuan yang berbahaya bisa dilakukan pengawasan bersama dan masyarakat bisa lakukan pengawasan bersama," jelasnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Menurunnya, pemerintah nantinya akan terus meningkatkan pengawasan terkait perlindungan konsumen. Adapun yang menjadi prioritas pertama adalah pada pengawasan obat dan makanan.

"Pengaduan harus diintensifkan di masing-masing kementerian, terutama di BPOM dan itu harus mudah dilakukan terutama responsnya dari kita jadi harus ada kepastian pengaduan akan direspons," ungkapnya.

Koordinasi lintas kementerian pun nantinya akan dilakukan. Diharapkan, upaya ini dapat berdampak pada meningkatnya jaminan pada konsumen di Indonesia.

"Modus operandi banyak. Masalahnya kita sekarang keterbukaan, globalisasi arus barang terbuka terus penggunaan e-commerce. Kami akan tingkatkan koordinasi dengan kemenkominfo terkait penjualan produk ilegal atau belum teregistrasi," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini