Bisnis Menguntungkan American Silkie, Ayam Impor Bernilai Rp25 Juta

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 15 Mei 2017 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 15 320 1691103 bisnis-menguntungkan-american-silkie-ayam-impor-bernilai-rp25-juta-nqXtMCeW1c.JPG Sumber: Reddit

PASURUAN – Memelihara satwa unik tidak hanya menjadi hobi dan hiburan. Satwa peliharaan di rumah ini bahkan bisa mendatangkan rezeki nomplok.

Sepasang ayam impor dari luar negeri misalnya, bisa berharga Rp25 juta. Yatmari, seorang penyayang ayam langka asal Malang, mengaku tidak mudah untuk mendapatkan dan memelihara American silkie.

Dia harus memesan dan menunggu cukup lama untuk mendapatkan ayam impor dari Amerika tersebut. Namun, berkat bantuan dari komunitas Ayam Hias Malang Raya (AHMR) dia bisa mendapatkan ayam impiannya.

“Sepasang American silkie bisa dijual dengan harga Rp25 juta. Harganya sepadan dengan keunikan ayam impor tersebut,” kata Yatmari saat ditemui di Pets Day Out di Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Menurut Yatmari, proses pemeliharaan satwa unik ini tidak ubahnya seperti memelihara ayam lokal. Bahkan cara memperlakukan dan memberikan makanannya pun nyaris tak berbeda. Hanya perlu perlakuan khusus agar ayam impor ini bisa bertahan di iklim tropis dan berkembang biak.

“Makanan ayam impor ini juga sama dengan ayam lokal, seperti beras jagung, beras merah, Br 511. Agar tetap sehat diberi vitamin minyak ikan. Biaya pemeliharaan ini berkisar Rp800.000 hingga Rp1,5 juta per bulan,” kata Yatmari.

Pada ajang Pets Day Out sejumlah komunitas penyayang satwa langka dan unik dari berbagai daerah di Jatim memamerkan dan berunjuk kebolehan satwa masing-masing. Ayam, kelinci, iguana, ular, musang, kura-kura, bahkan celeng ditampilkan dalam kontes satwa tersebut.

Berbagai lomba disajikan untuk menyemarakkan kegiatan, di antaranya balap kura-kura, balap kelinci, dari ukuran kecil hingga besar. Tak ubahnya pertandingan lain, para penonton pun turut bersorak-sorai menyemangati lomba kura-kura yang jalannya lambat itu.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini