Share

Wah, Penjualan Retail Bahan Bangunan Melejit di Kuartal I

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 24 Mei 2017 18:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 05 24 470 1699165 wah-penjualan-retail-bahan-bangunan-melejit-di-kuartal-i-ZhJB3hZQCG.jpg Ilustrasi: Okezone

SURABAYA โ€“ Membaiknya perekonomian di Indonesia serta pertumbuhan pasar properti sepanjang 2017 ikut mengerek penjualan retail bahan bangunan. Di kuartal pertama saja, terjadi pertumbuhan sampai 16,5% dibandingkan periode yang sama pada 2016.

Sekretaris Perusahaan PT Catur Sentosa Adiprana (CSAP) Tbk Idrus Widjajakusuma menuturkan, pada kuartal pertama 2017, CSAP membukukan penjualan Rp2,2 triliun. Jumlah itu tumbuh 16,5% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2016 sebesar Rp1,9 triliun.

Segmen distribusi memberikan kontribusi 71% dari total penjualan konsolidasi. โ€œUntuk segmen retail modern berkontribusi 29%. Solidnya kinerja penjualan mendorong laba bersih perseroan yang tumbuh solid sebesar 47% menjadi Rp31 miliar dari Rp21 miliar di kuartal pertama 2016,โ€ ujar Idrus ketika ditemui di sela-sela persiapan pembukaan Mitra10 ke-26, kemarin.

Tumbuhnya penjualan retail bahan bangunan tak lepas dari luasnya pasar renovasi rumah di berbagai kota. Surabaya serta kota di sekitarnya seperti Sidoarjo dan Gresik juga terus menunjukkan pertumbuhan yang luas biasa.

Dua toko retail Mitra10 sendiri yang ada di Surabaya mengalami pertumbuhan sampai 20%. Potensi pasar yang besar di Jawa Timur membuat CSAP membuka lagi outlet Mitra10 di Sidoarjo yang menelan biaya investasi Rp20 miliar.

Pasar renovasi tetap menjadi bidikan utama di Surabaya dan sekitarnya dengan penambahan outlet baru tersebut. Pihaknya menekankan pada strategi ekspansi yang agresif untuk Mitra10 dalam memperkuat pangsa pasar. Makanya lokasi toko akan difokuskan di Jabotabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi.

โ€œKami ingin terus meningkatkan pertumbuhan dengan memperkuat kinerja segmen retail modern Mitra10. Kebutuhan bahan bangunan untuk renovasi rumah tetap tinggi tiap tahunnya,โ€ ungkapnya.

Mitra10 sendiri tetap menawarkan konsep one stop shopping dengan kondisi berbelanja yang nyaman. Para pengunjung bisa leluasa memilih produk lebih dari 65.000 SKU seperti lantai hingga atap bangunan dan perkakas rumah. Pihaknya juga memberikan kepastian harga pada konsumen yang didukung oleh layanan after sales.

General Manager Marketing Mitra10 Erick Koswara menuturkan, outlet Mitra10 Sidoarjo merupakan superstore yang menempati lahan seluas 10.000 meter persegi. Outlet ini merupakan Mitra10 ke-26 atau outlet kedua yang diresmikan tahun ini dari target pembukaan empat outlet baru di sepanjang 2017. Khusus di Jatim, outlet ini merupakan outlet ketiga yang sudah dibuka. Sebelumnya, dua outlet sudah berdiri di Kota Pahlawan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini