nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ekspor Mebel Indonesia ke Amerika Kalah dari Vietnam dan China

Trio Hamdani, Jurnalis · Rabu 21 Juni 2017 17:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 06 21 470 1721919 ekspor-mebel-indonesia-ke-amerika-kalah-dari-vietnam-dan-china-A4VMc7UkYm.jpg Ilustrasi Mebel. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Industri mebel di Indonesia masih jauh tertinggal dari negara Asia lainnya. Angka ekspor mebel Indonesia pun terbilang jomplang jika dibandingkan dengan China dan Vietnam khususnya untuk ekspor ke Amerika Serikat (AS).

"Kita melihat bahwa kalau kita bicara Amerika bahwa 50% pasar di Amerika disupply oleh China 50%-nya. Kemudian Vietnam kurang lebih 13%. Indonesia masih 3% saja," kata Presiden Direktur PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) Halim Rusli, di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Padahal, menurut dia, Indonesia memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan ekspor mebel. Apalagi, Indonesia memiliki sumber bahan baku kayu yang melimpah untuk meningkatkan produksi mebel. "Melihat potensi pasar yang begitu besar peranan Indonesia 3% saja," lanjutnya.

Oleh karenanya, dia menilai kondisi tersebut menjadi tantangan yang mesti dihadapi oleh Indonesia agar mampu meningkatkan ekspor guna bersaing dengan negara lainnya yang juga mengekspor mebel.

"Kalau yakin kita bisa, apalagi pemerintahan ini sangat mendukung ekspor dan semua peraturan-peraturan. Jadi kita sangat yakin bahwa kita harusnya bisa lebih berperan lebih banyak," tambahnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini