Image

AKHIRNYA! Laut Natuna Utara Masuk di Peta NKRI

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 14 Juli 2017, 14:46 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 14 320 1736328 akhirnya laut natuna utara masuk di peta nkri xfSIDEkmlZ jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman resmi meng-update peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam update peta baru, ada beberapa perubahan yakni nama wilayah perairan Indonesia.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, dalam update peta ini juga memuat hasil pembaruan atas penamaan laut sesuai data yang sudah ada dan berbagai sumber data peta laut yang digunakan. Seperti perubahan nama dari Laut China Selatan menjadi laut Natuna Utara.

"Di utara Natuna, kita berikan nama baru sesuai praktik yang sudah ada, yaitu Laut Natuna Utara yang sebelumnya bernama Laut China Selatan," ujarnya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (14/7/2017)

Menurut Arif, perubahan nama laut tersebut dilakukan agar sejalan dengan sejumlah kegiatan pengelolaan migas di wilayah tersebut. Karena selama ini, sejumlah kegiatan migas telah lebih dahulu menggunakan nama Natuna Selatan dan Utara.

"Jadi supaya ada satu kejelasan atau kesamaan antara landas kontinen dengan kolom air di atasnya, jadi tim nasional sepakat agar kolom air itu disebutkan sebagai Laut Natuna Utara," jelasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini