Image

Sri Mulyani: Turunkan Kemiskinan di Bawah 10%, Butuh Upaya Ekstra!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 17:01 WIB
https img k okeinfo net content 2017 07 18 320 1739152 sri mulyani turunkan kemiskinan di bawah 10 butuh upaya ekstra Np3UeWjc5V jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin per Maret 2007 justru bertambah 6.900 orang, meski secara persentase turun 0,06%. Sehingga pemerintah harus bekerja keras untuk menekan jumlah penduduk miskin tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, memang tidak mudah untuk menurunkan angka kemiskinan di Indonesia. Karena untuk menurunkannya, kemiskinan harus seimbang dengan belanja sosial.

"Penurunan kemiskinan di bawah 10% membutuhkan upaya ekstra. Itu bicara kemiskinan inti yang makin dalam sehingga kebijakan-kebijakan pemerintah harus kombinasi penguatan seperti pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur dasar, bahkan langsung membantu masyarakat miskin," ungkap Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Menurutnya, keseimbangan belanja sosial dan infrastruktur akan mampu mengurangi angka kemiskinan. Namun tidak langsung turun drastis, tapi masih membutuhkan waktu 2 hingga 3 tahun.

"Makanya kombinasi dari Program Keluarga Harapan (PKH), infrastruktur desa, peningkatan pendapatan petani itu akan sangat penting memerangi kemiskinan," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini