Image

Penting! MRT dan LRT Harus Berkoordinasi

ant, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017, 17:17 WIB
https img o okeinfo net content 2017 07 18 320 1739187 penting mrt dan lrt harus berkoordinasi 1mD2EpcfQP jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta agar sarana transportasi masal Mass Rapid Transit (MRT) dan light rail transit (LRT) saling berkoordinasi satu sama lain.

"MRT dan LRT harus terintegrasi dengan baik dengan baik. Kedua operatornya harus bisa berkoordinasi satu sama lain," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2018).

Oleh karena itu, dia pun meminta agar PT MRT Jakarta sebagai operator MRT dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai operator LRT terus meningkatkan koordinasi.

"Dengan koordinasi yang baik, maka integrasi antara seluruh transportasi masal yang ada di Jakarta, termasuk kereta Commuter Line dan Busway Transjakarta juga akan semakin mudah," ujar Djarot.

Lebih lanjut, dia menuturkan pada Agustus 2018 mendatang, rencananya kedua sarana transportasi massal berbasis rel tersebut sudah dapat diuji coba.

"Rencananya, Agustus tahun depan, MRT dan LRT sudah bisa diuji coba. Tapi hanya sebatas uji coba keretanya saja, dan belum bisa langsung dibuka untuk umum," tutur Djarot.

Sementara itu, dia mengungkapkan sebelum dilakukan uji coba dan dioperasikan, besaran dan suplai pasokan listrik untuk kedua sarana transportasi masal itu harus dipastikan terlebih dahulu.

"Koordinasi juga dengan PT PLN untuk memastikan pasokan listriknya. Yang pasti, tahun depan itu ada Asian Games, jadi seluruh infrastruktur pendukung harus siap," pungkas Djarot.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini