nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pasokan Listrik Terbatas, Wapres JK: Bayangkan Bila 2 Juta Mobil Listrik Di-Charge Tiap Malam?

Reni Lestari, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017 17:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 11 320 1754225 pasokan-listrik-terbatas-wapres-jk-bayangkan-bila-2-juta-mobil-listrik-di-charge-tiap-malam-vZaerE3CZY.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

TANGERANG – Pemerintah mulai menyiapkan kembali pengembangan mobil listrik di Indonesia. Tak sungkan-sungkan, untuk mempermudah proyek tersebut akan diberikan insentif.

Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, tantangan paling besar bagi pengembang industri mobil listrik adalah penyediaan sumber daya listrik. Namun JK meyakinkan, setiap lima tahun pemerintah membangun 35 ribu megawatt sumber daya listrik, sehingga tantangan ini bisa dilampaui.

"Tentu dibutuhkan lagi penyediaan tenaga listrik yang banyak. Jangan khawatir karena tiap lima tahun pemerintah setidak-tidaknya akan membangun 35 ribu megawatt,” ujar Jusuf Kalla, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Jadi, lanjutnya, tantangan saat ini adalah sumber daya listriknya. Dirinya pun meminta untuk membayangkan pada malam hari pemakai mobil listrik mengisi ulang daya baterai mobilnya.

“Anda bayangkan kalau tiap malam dua juta mobil yang di-charge, itu berapa megawatt yang dibutuhkan, belum lagi 250 juta handphone di-charge pada saat yang sama, tentu kebutuhan listriknya akan melonjak luar biasa di waktu malam hari," jelasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini