Image

Jokowi: Urus Izin Berbulan-bulan Sudah Kuno!

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 11 Agustus 2017, 18:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 11 320 1754280 jokowi-urus-izin-berbulan-bulan-sudah-kuno-TCyl1DrvOJ.jpg Jokowi (Foto: Dedy Afrianto/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menghadiri peresmian pembukaan pameran Indonesia Properti Expo di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pada kesempatan ini, turut diberikan penghargaan kepada gubernur dan bupati, hingga wali kota yang dapat mempermudah perizinan yang berkaitan dengan perumahan.

Jokowi pun memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah memangkas perizinan. Diharapkan, perizinan ini dapat terus disederhanakan oleh pemerintah daerah lainnya.

"Ini informasi, jadi di BKPM sekarang urusan izin itu hanya 3 jam diberikan 8 izin langsung jadi. Tiga jam langsung diberi 8 izin. Ini, sudah langsung, bisa 3 jam," ujarnya di JCC, Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Saat ini, telah terdapat beberapa daerah yang memberikan kemudahan perizinan pada sektor perumahan. Bahkan, izin hanya perlu diurus dalam kurun waktu 6,5 jam.

"Ini juga perlu kita apresiasi hal-hal yang seperti ini," ungkapnya.

Jokowi pun meminta agar setiap pemerintah daerah dapat menyederhanakan perizinan. Sebab, hal ini akan sangat berkaitan dengan kepercayaan para investor untuk berinvestasi di suatu daerah.

"Saya kira sudah kuno sekali kalau urus izin hari itu sudah kuno. Apalagi sudah minggu lebih kuno lagi. Apalagi bulan, sangat kuno sekali. Udah malu-maluinlah kalau izin sudah berbulan-bulan. Udah enggak zamannya," ujarnya.

Jokowi pun mengakui bahwa tak mudah untuk menyederhanakan perizinan. Namun, hal ini tetap perlu dilakukan oleh pemerintah.

"Saya juga dulu waktu BKPM urus sampai 3 jam. Injak sana, injak sini, injak sini juga sulit. Baru setahun itu bisa, ternyata juga enggak gampang," kata Jokowi.

Diharapkan, perizinan di berbagai sektor nantinya dapat diberikan oleh pemerintah. Tak hanya pemerintah pusat, pemerintah daerah juga harus memberikan kontribusi dalam penyederhanaan perizinan.

"Saya tahu, gubernur, bupati, wali kota juga tidak mudah. Oleh sebab itu, saya sekali lagi sangat menghargai sekali apa yang sudah dilakukan gubernur, bupati, wali kota dalam mempercepat pembangunan perumahan dengan memberikan izin secepat-cepatnya kepada pengusaha-pengusaha pengembang-pengembang properti yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota yang ada di daerah-daerah," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini