Jakarta Investment Centre Ajak Masyarakat Kolaborasi Ciptakan Solusi Investasi saat Pandemi

Fakhri Rezy, Jurnalis · Kamis 26 November 2020 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 26 320 2316851 jakarta-investment-centre-ajak-masyarakat-kolaborasi-ciptakan-solusi-investasi-saat-pandemi-5urhZBkcFn.jpg DPMPTSP JIC (Dok DPMPTSP)

JAKARTA - Penanganan Pandemi Covid-19 memberikan efek domino yang bukan hanya berpengaruh pada aspek Kesehatan, melainkan juga terhadap berbagai aspek diantaranya aspek sosial dan ekonomi. Sebagai kontributor terbesar dalam perekonomian nasional, DKI Jakarta perlu mempersiapkan diri agar dapat economy rebound paling cepat.

Menghadapi kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, khususnya Unit Pengelola Jakarta Investment Centre (JIC) melaksanakan Webinar Penanganan Coivid-19 di DKI Jakarta dengan tema Penanganan Kesehan dan Pemulihan Sosial dan Ekonomi yangdisiarkan langsung melalui Zoom Meetings dan Channel Youtube Layanan Jakarta.

 Baca juga: Presiden Jokowi Minta Menkeu Beri Alokasi Khusus ke PTSP Daerah

“Dalam menghadap Pandemi Covid-19, pelaku usaha dan juga masyarakat harus memiliki pengetahuan yang lengkap baik mengenai virusnya sendiri dan juga bagaimana menangani berbagai permasalahan yang ditumbulkan akibat Pandemi Covid-19 agar dapat mencari solusi terbaik. Oleh karenanya, Kolaborasi menjadi Kunci, sesuai penerapan City 4.0, dimana Pemprov DKI Jakarta sebagai kolaborator dan masyarakat sebagai ko-kreator atau bagian dari pencipta solusi atas permasalahan kota,” ujar Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra saat dihubungi secara daring, Kamis(26/11/2020).

Benni menyampaikan bahwa krisis yang dihadapi saat Pandemi ini agar tidak dipandang sebagai penghambat perubahan melainkan sebagai langkah awal transformasi dimana Jakarta akan meningkatkan pelayanan publik, melakukan redefinisi perencanaan kota dan membangun kota yang lebih atraktif sebagai kota percontohan, menurut pihaknya berbagai transformasi tersebut tentunya akan memberikan dampak positif terhadap Iklim Investasi di DKI Jakarta pada waktu mendatang.

 Baca juga: Hadir di Ruang Publik, pelayanan DPMTSP DKI Semakin Inovatif

“Seperti yang Bapak Gubernur sampaikan dalam paparan beliau, krisis adalah perubahan yang dipercepat. Itulah mengapa kita harus responsif dan inovatif dalam menghadapi masa pandemi Covid-19. Adapun yang dapat kami lakukan saat ini adalah dengan meningkatkan pelayanan publik dalam bidang penanaman modal dan pelayanan perizinan/non perizinan. Salah satunya melalui simplifikasi perizinan, relaksasi perizinan, danterus memberikan kemudahan pengajuan perizinan secara daring melalui aplikasi JakEVO ataupun website jakevo.jakarta.go.id,” ujar Benni.

Benni menambahkan kegiatan Webinar Penanganan Covid-19 di DKI Jakarta yangtelah diselenggarakan oleh Unit Pengelola Jakarta Investment Centre(JIC) juga merupakanbukti nyata atas inovasi yang dilakukan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk memfasilitasi para pengusaha dan masyarakat agar dapat melakukan tindakan yang tepat dalam beradaptasi terhadap situasi Pandemi Covid-19 sehingga dapat menciptakan iklim investasi yang kondusif, dimana kegiatan usaha yang dilakukan dapat tetap operasional dengan bersama menerapkanprotokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 dan Realisasi Investasitetap tercapai meskipun di tengah Pandemi Covid-19.

“DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Investment Centre (JIC) akan memfasilitasi dan memberikan pendampingan kepada investor yang akan menanamkan modalnya di Jakarta, mulai dari tahap awal pengajuan perizinan sampai dengan operasional kegiatan atau realisasi investasi” imbuh Benni.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini