Presiden Jokowi Minta Menkeu Beri Alokasi Khusus ke PTSP Daerah

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 320 2171632 presiden-jokowi-minta-sri-mulyani-anggarkan-dak-diberikan-ke-ptsp-di-daerah-Z2r3Jd6sOe.jpg Presiden Jokowi (Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani agar Dana Alokasi Khusus (DAK) diberikan kepada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di daerah-daerah. Dirinya pun meminta agar dapat direalisasikan pada tahun ini.

”Bisa dipakai DAK itu untuk sosialisasi, bisa dipakai itu untuk memperbaiki manajemen sistem yang ada di dalam, sehingga ada kecepatan kita dalam melayani kepada masyarakat,” ujar Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 di Grand Ballroom The Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Sudirman, Provinsi DKI Jakarta, Kamis (20/2/2020).

 Baca juga: Cara Izin Lewat Mal Pelayanan Publik Disajikan dengan Dongeng

Kepala Negara menyampaikan, jangan merasa yang ada di kantor PTSP itu berada di kelas 2 atau kelas 3. ”Saya ingin kantor PTSP itu berada di rangking pertama dari seluruh gagasan-gagasan yang ada di daerah. Dimulai dari situ kecepatan melayani, kecepatan melayani itu ada di kantor perizinan kita,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, PTSP di daerah diminta agar benar-benar melayani. Tidak hanya urusan izin, tapi investasi itu bisa menyelesaikan juga masalah-masalah di yang dialami oleh investor.

 Baca juga: Pengusaha Diajak Urus Perizinan Sendiri di Jakarta

Hal ini sesuai tujuan agar kemudahan berbisnis atau ease of Doing Business (EODB) di Indonesia mencapai ranking 40. Seperti diketahui, Ranking EODB Indonesia saat ini ada di 73, bahkan pada 2014 sempat berada di 120.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini