nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Izin Lewat Mal Pelayanan Publik Disajikan dengan Dongeng

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 15:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 19 320 2131773 cara-izin-lewat-mal-pelayanan-publik-disajikan-dengan-dongeng-gYoHXlnSrx.jpg DPMTSP DKI (Dok DPMTSP DKI)

JAKARTA – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( telah mengadakan kegiatan sosialisasi bertajuk Mal Pelayanan Publik Mendongeng.

Di mana, “Sebuah Pesan Cerita, Urus Izin Sendiri Itu Mudah” dengan menghadirkan Maestro Dongeng Indonesia, Mochammad Awam Prakoso, atau yang lebih dikenal dengan Kak Awam. Dalam kesempatan kali ini, DPMPTSP mengundang siswa-siswi dari PAUD di wilayah Kelurahan Manggarai Selatan dan Kelurahan Petojo Utara.

 Baca juga: Integrasi Izin Online Mudahkan Investasi Pariwisata di Indonesia

Kegiatan ini dilakukan menyusul kampanye “Urus Izin Sendiri Itu Mudah”. Kampanye tersebut bukan hanya dituju kepada kelompok warga yang sudah bekerja, pemohon perizinan juga dikembangkan dengan menyasar kelompok yang belum bekerja, khususnya anak- anak.

 DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta

“Dongeng merupakan salah satu metode efektif dalam menanamkan nilai- nilai moral serta pembentuk karakter positif anak. Mal Pelayanan Publik Mendongeng bertujuan mengenalkan kata ‘izin’ sejak dini kepada anak dengan makna yang positif dan membahagiakan,” kata Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra seperti yang dilansir dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (19/11/2019).

 Baca juga: Hadir di Ruang Publik, pelayanan DPMTSP DKI Semakin Inovatif

Benni juga menambahkan kegiatan Mal Pelayanan Publik Mendongeng ini merupakan kali kedua diselenggarakan setelah sebelumnya dilakukan pada bulan April 2019 di Taman Mal Pelayanan Publik. Melihat antusias anak- anak yang semangat untuk mendengarkan cerita dongeng dan menerapkan penggunaan kata “izin” pada kehidupan sehari- hari membuat pihaknya menjadi terpacu untuk menebarkan pesan positif ini lebih luas lagi.

Selain mendengarkan dongeng inspiratif, anak-anak juga diajak keliling Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta untuk mengenal penyelenggaraan pelayanan publik sejak dini.

 Baca juga: Pengusaha Diajak Urus Perizinan Sendiri di Jakarta

“Ada dua hal penting yang perlu diwariskan pada anak-anak kita, yaitu kebiasaan baik dan kenangan baik. Diharapkan kegiatan pada hari ini, dapat menjadi bekal mereka menjalani hidup kelak, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai untuk mengurus perizinan secara mandiri tanpa menggunakan pihak ketiga karena urus izin sendiri itu mudah” ujar Benni.

Awam juga mengatakan kegiatan Mal Pelayanan Publik Mendongeng ini selain menebarkan keceriaan lewat cerita- cerita menarik namun juga memberikan manfaat akan penanaman nilai dan karakter positif pada anak mengenai budi pekerti yang baik akan kepatuhan, kesadaran pentingnya mengurus izin, serta pembentukan image positif mengenai kemudahan pengurusan izin di Jakarta.

Wakil Ketua 2 Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Selatan, Essie Feransie Munjirin mengaku mengapresiasi kegiatan Mal Pelayanan Publik Mendongeng yang dinilainya sangat menginspirasi dan bisa menjadi percontohan bagi instansi- instansi lainnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengaduan dan Komunikasi Masyarakat DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Maryanta menyampaikan Mal Pelayanan Publik Mendongeng merupakan upaya DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dalam menyikapi tantangan komunikasi dalam era Revolusi Industri 4.0.

“Tantangan komunikasi pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini adalah komunikasi tidak dapat hanya dilakukan melalui dua arah saja melainkan harus dari segala penjuru” ujar Maryanta.

Maryanta menambahkan berbagai upaya terus dilakukan dalam kinerja nyata dengan berkomitmen memberikan kemudahan dan pendekatan layanan kepada masyarakat, tidak terkecuali dalam pelaksanaan dan pengembangan berbagai kegiatan komunikasi masyarakat yang efektif dan tepat sasaran.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini