Share

Gangguan Satelit Telkom Bikin Layanan ATM Terganggu, BNI Siapkan Layanan Mobil Keliling

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 10:53 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 28 320 1764380 gangguan-satelit-telkom-bikin-layanan-atm-terganggu-bni-siapkan-layanan-mobil-keliling-xmP7CGmSYO.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin. Mengingat adanya gangguan satelit Telkom-1 yang berdampak pada jaringan komunikasi sebagian dari outlet dan anjungan tunai (ATM).

Corporate Secretary BNI Kiryanto mengatakan, nasabah dan masyarakat  tetap dapat memperoleh pelayanan pada outlet-outlet yang terkena dampak gangguan satelit. Beberapa outlet tetap melayani dengan pelayanan-pelayanan terbatas.

Kiryanto mengungkapkan, BNI telah mendapatkan kepastian dari provider jaringan komunikasi bahwa ada  petugas yang disiapkan untuk  mendatangi outlet-outlet secara bertahap, sejak sore hari Minggu (27 Agustus 2017).  Sambil menunggu tuntasnya proses pemulihan oleh petugas dari perusahaan provider, BNI menetapkan langkah-langkah pelayanan secara terbatas.

Baca Juga:

Akhir Pekan dan Tanggal Gajian, Sejumlah ATM Bank Besar Ini Malah Offline!

Kok Bisa Data Nasabah Dijual? Ini Cerita Awalnya

Langkah-langkah tersebut adalah Pertama, mengerahkan BNI Layanan Gerak (BLG) atau mobil-mobil yang didesain untuk memberikan perlayanan perbankan secara mobile.  Kedua, mengarahkan nasabah outlet-outlet yang terganggu jaringan komunikasinya  ke outlet terdekat yang tidak mengalami gangguan.

“Untuk outlet yang tidak bisa dilayani BLG dan outlet terdekat cukup jauh (lebih dari 1 jam), maka diberikan layanan transaksi offline yang hanya terbatas untuk transaksi  setoran tabungan saja," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/8/2017).

Baca Juga:

Tarif Data Nasabah Paling Murah Rp350.000, Hanya Dapat Nama dan Nomor Telepon

Kiryanto menyampaikan permohonan maaf kepada para nasabah atas ketidaknyamanan bertransaksi yang dialami akibat gangguan jaringan komunikasi tersebut. BNI memiliki lebih dari 17.000 ATM saat ini. ATM yang terkena dampak mencapai sekitar 1.500. Dari sekitar 1.600 outlet, 51 outlet terkena dampak gangguan.       

"Pada ATM yang mungkin mengalami lonjakan transaksi akan di-back up ATM lainnya," ungkap Kiryanto.

BNI menghimbau agar nasabah juga menggunakan fasilitas electronic channel lainnya, yakni internet banking, mobile banking, phone banking dan sms banking, di samping penggunaan ATM. Dengan demikian nasabah tetap dapat terlayani oleh layanan BNI dengan optimal.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini