nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2019, Tol Trans-Jawa Nyambung hingga Banyuwangi

Zen Arivin, Jurnalis · Minggu 10 September 2017 18:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 10 320 1773119 2019-tol-trans-jawa-nyambung-hingga-banyuwangi-5G7el5m9tf.jpg Jokowi di Mojokerto (Foto: Biro Istana)

MOJOKERTO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mentargetkan ruas tol Trans Jawa bisa nyambung hingga Banyuwangi pada tahun 2019 mendatang. Ia pun mengaku optimis target itu bisa terpenuhi dengan percepatan yang kini dilakukan.

"Di Jawa untuk sambung hingga Banyuwangi target kita tahun 2019. Karena yang di Banyuwangi sudah ada penetapan lokasi, panlok-nya (panitia lokal) sudah. Tahun 2018 berjalan pembebasan lahan, langsung dilanjutkan konstruksi," ungkap Presiden Jokowi saat meresmikan tol Mojokerto - Jombang di Desa Penompo, Jetis, Mojokerto, Jatim, Minggu (10/9/217).

Menurut Presiden Jokowi, percepatan pembangunan infrastruktur memang saat ini tengah digenjot oleh pemerintah. Sebab, infrastruktur merupakan hal yang sangat fundamental bagi sebuah negara. Jika infrastruktur yang memadai, roda ekonomi akan berjalan dengan maksimal, sehingga pertumbuhan ekonomi akan meningkat secara signifikan.

"Hal yang sangat fundamental dalam sebuah negara adalah infrastruktur. Kalau itu tidak tersedia bagaimana? Kita mau mengangkut barang dari provinsi ke provinsi dari pulau satu ke pulau yang lain sulit, sehingga semua akan jadi mahal," terangnya.

Saat ini, lanjut Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur sudah lebih cepat ketimbang sebelumnya. Ia pun memiliki target sendiri, jika di tahun 2019 mendatang, pembangunan infrastruktur jalan tol bisa mencapai 1.800 Km.

"Saya kira sekarang sudah cepat. Akhir tahun selesai, maju 2-3 bulan memang seperti ini percepatannya. Karena kita kejar, kita pantau, prosesnya kita ikuti, ada cheklist, ya kerja-kerja seperti itu kita lakukan. Targetnya memang sekarang 1.100 Km - 1.200 Km tapi kita harapakan 1.800 Km dapatlah," tandas Jokowi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini