Lahan 100.000 Ha Alami Kekeringan, Mentan: Sekarang Tinggal 3.000 Ha

Trio Hamdani, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 320 1776547 lahan-100-000-ha-alami-kekeringan-mentan-sekarang-tinggal-3-000-ha-cQoAtCIoLs.jpg Foto: Trio/Okezone

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan, kekeringan yang terjadi tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya lantaran ketersediaan infrastruktur yang kian memadai.

Amran mencontohkan, misalnya di Jawa Barat. Ketika rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Gubernur Jawa Barat melaporkan di daerahnya terjadi kekeringan pada 3.000 hektare (ha) lahan. Sementara tahun sebelumnya kekeringan mencakup 114.000 ha lahan.

Baca Juga: Tak Ada Darurat Kekeringan di 2017, Mentan Amran: Harga Pangan Aman!

Artinya, kekeringan yang terjadi di Jawa Barat saat turun sebesar 97,4% menjadi 2,6%, dari 114.000 ha menjadi sekira 3.000 ha lahan.

"Yang 3000 ha tadi, dulu 100 ribu, satu provinsi. Jawa Barat saja 114 ribu hektar kalo tidak salah menjadi 3 ribu ha. Jadi itu yang kita syukuri, program kita tepat sasaran," jelas Amran di kantornya, Jumat (15/9/2017).

Pembangunan embung yang digencarkan pemerintah, menurut Amran berkontribusi besar dalam mengantisipasi dampak kekeringan yang terjadi. Dengan adanya embung mampu meminimalkan area yang kekeringan.

Baca Juga: Puncak Musim Kemarau, Jokowi Minta Stok dan Harga Pangan Terjaga

"Iya, ribuan embung kita bangun jadi dampaknya terasa sekarang. Enggak ada bunyi kan kekeringan kaya dulu. Itulah yang disyukuri. Yang paling penting sekarang tinggal masa kritis untuk tanam tinggal 2 minggu kan Juli-Agustus-September karena pacekliknya jatuhnya November-Desember-Januari," lanjutnya.

Amran juga belum menerima laporan adanya gagal panen yang diakibatkan oleh kekeringan. Sejalan dengan itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kata Amran memberikan laporan yang positif bahwa ketersediaan air masih aman. Ditambah curah hujan yang mulai intens.

Baca Juga: Pangan Jadi 'Panglima', Jokowi: Tanpa Logistik Negara Akan Mudah Dikalahkan

"Sekarang ini sudah hujan di Medan, Sumatera Utara sudah hujan, Kalimantan, Riau sudah hujan. Nah, masuk Oktober tinggal 2 minggu, sudah masuk hujan enggak masalah. Itu lah gunanya kalau kita persiapan secara sistematik dari jauh hari," tandasnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini