UMKM Akan Dimanjakan Fintech di Masa Mendatang, Kok Bisa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 320 1776895 umkm-akan-dimanjakan-fintech-di-masa-mendatang-kok-bisa-EjHg8mZgVu.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Seiring perkembangan jaman dan teknologi, hampir semua industri mulai menuju berbasis digital. Salah satu yang tengah menjadi perbincangan adalah industri keuangan berbasis teknologi alias Financial Technologi (Fintech).

Direktur Pengaturan dan Perizinan Pengawasan Fintech Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hendrikus Passagi memprediksi ke depannya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan termanjakan dengan hadirnya Fintech. Bahkan menurutnya para pelaku UMKM bisnisnya akan berkembang semakin pesat dengan adanya Fintech.

Baca juga: Permudah Startup Himpun Dana, OJK: Masa dari Papua Harus ke Jakarta untuk Rp10 Juta

"Lama-lama UMKM dimanjakan kehadiran Financial Technology," ujarnya dalam acara Diskusi Panel 'Meningkatkan Kapasitas Bisnis UMKM Melalui Fintech Peer to Peer Lending' di @america Pacific Place, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Menurut Hendrikus, bukan tanpa alasan dirinya menyebut jika UMKM akan termanjakan oleh kehadiran Fintech. Pasalnya, dengan Fintech segala sesuatu kegiatan dan kebutuhan para pelaku UMKM akan terpenuhi oleh Fintech.

Baca juga: Wow! Ada 44 Fintech Baru, OJK Kebanjiran Perusahaan Startup

Sebagai contoh, para pelaku UMKM yang membutuhkan dana akan dibantu oleh Fintech yang melayani jasa pinjam meminjam uang. Lalu selanjutnya, UMKM juga akan, terbantu dengan Fintech yakni e-commerce untuk memasarkan bisnisnya.

"Bagi anda pelaku pertama kan mana nih uangnya untuk memulai bisnis saya ? Anda bisa ke bank, anda bisa ke modal Ventura, pasar modal, nah itu dia lahirnya Fintech. Lalu muncul pertanyaan kedua bagaimana memasarkan produk saya ? Di situlah muncul e-commerce. Pentingnya kehadiran e-commerce untuk memasarkan produk UMKM ini," jelasnya.

"Kalau sudah jual e-commerce berapa sih harga ? Di situlah ada argegator. Lalu muncul lagi. Bagaimana membawanya? Muncul lah e-logistik. Nah itu tadi saya bilang UMKM akan dimanjakan Fintech," imbuhnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini