Wih! Vas Bunga Asal China Ini Dibeli Rp83 Miliar

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 26 September 2017 12:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 26 320 1783154 wih-harga-vas-bunga-asal-china-ini-dibeli-rp83-miliar-AClyODAGNa.jpg Foto: Koran SINDO

JAKARTA – Vas bunga biasanya diisi bunga-bunga berwarna indah. Vas bunga dibuat dengan beragam bentuk dan ukuran. Keberadaan vas bunga sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu.

Vas keramik yang berusia ratusan tahun pun menjadi incaran para kolektor karena memiliki nilai sejarah tinggi. Baru-baru ini rumah lelang Geneve-Encheres asal Swiss berhasil melelang vas asal China seharga 6,08 juta franc Swiss atau Rp83,3 miliar.

Sungguh harga yang sangat fantastis untuk satu vas keramik berukuran tinggi 60 cm. Tingginya harga vas itu karena benda tersebut diprediksi berasal dari abad 18 pada masa Dinasti Qianlong di China. Vas ini memiliki corak yang menggambarkan tiga naga biru berlatar belakang warna kuning.

Baca Juga:  Shelby Cobra Jadi Mobil Lelang Paling Mahal di Amerika

Rumah lelang Geneve-Encheres menjadi tuan rumah lelangitupada Kamis(21/9). Saat itu terjadi perang penawaran harga dari dua calon pembeli yang sama-sama meyakini vas bunga ini berasal dari abad 18. Pembelinya adalah seorang amatir asal Asia dan hadir dalam acara lelang ini serta bersusah payah melawan calon pembeli lain yang menawar via telepon. Pihak rumah lelang mengatakan usia vas ini sangat sulit ditentukan secara tepat. Para calon pembeli juga cenderung konservatif dalam memberikan penilaian.

“Ini adalah harga palu lelang ditambah dengan komisi, total harga menjadi 6,08 juta franc Swiss atau Rp83,3 miliar,” ungkap juru lelang Olivier Fichot, dikutip Channel New Asia.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Dunia, Tas Hermes Laku Rp4,1 Miliar

Harga ini 10.000 kali lebih mahal dari harga penawaran awal yang tertera dalam katalog. Fichot menambahkan, ini merupakan harga penawaran tertinggi yang terjadi di Jenewa selain barang berbentuk perhiasan dan jam tangan. Rumah lelang Geneve-Encheres sebelumnya memegang rekor penjualan tertinggi untuk satu patung Buddha terbuat dari perunggu yang terjual seharga 550.000 franc Swiss atau Rp7,5 miliar.

Sebelumnya pihak rumah lelang menaksir harga lelang vas keramik ini berkisar 500 dan 800 franc Swiss atau antara Rp6,8 juta dan Rp11 juta. Ternyata vas tersebut terjual dengan harga Rp83,3 miliar.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini