nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jual-Beli Emas Kena Pajak, Pembeli: Enggak Terlalu Beda Harganya

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 06 320 1789941 jual-beli-emas-kena-pajak-pembeli-enggak-terlalu-beda-harganya-PJSZUmDNvX.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA – Mengacu peraturan Menteri Keuangan, transaksi jual maupun beli emas antam dikenakan pajak. Kebijakan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 34/PMK.010/2017.

Dalam beleid tersebut, transaksi pembelian logam mulia dengan mencantumkan NPWP dikenai PPH 22 sebesar 0,45% dan apabila tidka mencantumkan NPWP dikenai 0,9%.

Baca juga: Catat! Beli Emas Antam Kena Pajak 0,45%, Tidak Punya NPWP 0,9%

Bagi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) aturan ini hanya penegasan bahwa emas yang dibeli konsumen merupakan barang yang dikenai pajak. Hal ini sebagai penegasan juga bahwa Antam menjual emas murni dan taat dengan ketentuan pemerintah.

Sementara itu bagi konsumen yang baru mengetahui bahwa logam mulia dikenai pajak ternyata tidak terlalu berpengaruh. Seperti Ibu Erma yang dijumpai Okezone usai membeli emas di Butik Emas Logam Mulia di Gedung Antam.

Baca juga: Ada Pajak Emas Antam, Ditjen Pajak: Sudah Ada dari Lama

Dia mengatakan, ini pertama kali membeli emas usai PMK Menteri Keuangan keluar. Menurut dia tidak ada perbedaan harga yang terlalu beda dari dan sebelum aturan itu keluar.

"Kalau itu kan sudah termasuk PPh 0,45%  NPWP dan 0,9% tanpa NPWP. Pas ada itu, ini saya beli pertama kali saya lihat enggak terlalu jauh harganya," ujarnya kepada Okezone.

Dia melanjutkan, harga emas setiap harinya berubah dengan selisih harga yang tidak begitu jauh. Karena itu diterbitkannya PMK soal pajak emas tidak terlalu mempengaruhi ke harga.

"Enggak terlalu beda ya harganya," tuturnya.

Baca Juga: Beli Emas Kena Pajak, Antam: Ini Penegasan Kembali kepada Pembeli

Menurut dia yang lebih diperhatikan buka pembelian. Tetapi penjualan emas kembali (buyback). Di mana dalam aturan disebutkan buyback di atas Rp10 juta dikenakan pajak 1,5%

"Mungkin ini yah, penjualan kena juga 1,5%, buyback. Kalau pembelian tidak pengaruh tapi penjualannya,"tandasnya.

Berikut informasi baru dalam pembelian dan penjualan harga emas di Antam :

- Harga dan ketersediaan stok bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

- Harga emas mengacu pada harga butik emas logam mulia terdekat

- Harga emas batangan belum termasuk PPh 22

Penjualan emas batangan dikenakan pajak 0,45%

Buyback di atas Rp10 juta dikenakan pajak 1,5%

Tarif pajak berlaku untuk kelipatan yang tidak memiliki NPWP.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini