Image

Jadikan Inalum Holding Pertambangan, Budi Gunadi: Kita Ingin Jadi Perusahaan Dunia

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 13 Oktober 2017, 15:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 13 320 1794781 jadikan-inalum-holding-pertambangan-budi-gunadi-kita-ingin-jadi-perusahaan-dunia-qmvOSoJ68n.jpg Foto: Feby Novalius/Okezone

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Budi Gunadi Sadikin sebagai Direktur Utama Inalum. Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mendapat tugas salah satunya menjadikan perusahaan negara kelas dunia melalui holding BUMN tambang.

Menurut Budi Gunadi, menjadikan Inalum sebagai holding BUMN tambang harus dimulai dari Sumber Daya Manusianya.

"Sekarang Inalum kerjanya harus cepat. Yang lambat-lambat harus cepat, masa mau jadi perusahaan kelas dunia pasang (bahan presentasi) lama,"ujarnya, Kantor Inalum, Energy Building, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Baca juga: Soal Divestasi, Inalum Bakal Beli 51% Saham Freeport?

Dia mengatakan, pembentukan holding BUMN pertambangan merupakan salah satu upaya untuk menciptakan perusahaan pertambangan nasional dengan skala bisnis yang dapat bersaing dengan perusahaan global dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia. Bersama Timah, Antam, dan Bukit Asam, maka holding BUMN tambang bisa menjadi perusahaan besar di dunia.

"Kita ingin menguasai cadangan mineral, kita ingin melakukan hilirisasi dan kita ingin menjadi perusahaan dunia. Jadi masing-masing ada strategi. Contohnya dengan menguasai cadangan mineral yang ada,"ujarnya.

Baca juga: Harga 51% Saham Freeport USD4 Miliar, Bos Inalum: Itu Perhitungan Bagus

Ada beberapa cara yang akan dilakukan setelah holding terbentuk. Pertama, membeli cadangan yang ada atau mengeksplorasi kembali. Dengan holding tentu semua hal bisa dilakukan, jika ingin membeli maka kebutuhan dana kuat karena holding.

"Kalau beli sendiri kan enggak kuat. Jadi ke depan juga kita buat hilirisasi produk kandungan lokal. Strateginya juga sudah ada," tuturnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini