TIPS LARIS: Cara Sukses Berjualan, Jadikan Konsumen sebagai Teman

Giri Hartomo, Jurnalis · Sabtu 28 Oktober 2017 07:22 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 27 320 1803903 tips-laris-cara-sukses-berjualan-jadikan-konsumen-sebagai-teman-z65drynFTr.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Jika anda berprofesi sebagai seorang sales tentunya anda mengharapkan barang anda bisa laku terjual. Bahkan anda tentu berharap barang milik anda bisa dengan cepat terjual.

Tahukah anda, ada beberapa trik khusus yang harus anda perhatikan agar barang milik anda bisa dengan cepat laku terjual. Namun untuk bisa menjual dengan cepat, anda harus terlebih dahulu menemukan target pembelinya.

Dilansir dari halaman Retaildoc, beriku adalah beberapa strategi jualan di Industri Ritel

1. Anggap Konsumen Seperti Teman Anda

Memang terdengar sangat teknis dan persolan. Namun hal ini merupakan jantung untuk membuat interaksi dengan masyarakat menjadi sangat sukses.

Dalam istilah lain yaitu Window of Contact yang mengharuskan seorang wiraniaga memperhatikan sesuatu yang bersifat fisik seperti perhiasan, pakaian, bahkan jenis smartphone yang dimiliki orang di depannya. Tenaga penjual kemudian memberi komentar pada item itu dengan sebuah pertanyaan dan membagikan sesuatu yang berkaitan dengan diri mereka berdasarkan pada apa yang dijawab oleh pelanggan tersebut.

2 . Berikan Penilaian Bagus Kepada Konsumen Anda

Anda harus memberikan penilaian yang bagus kepada pelanggan anda ketika berniat pada barang anda. Anda bahkan sesekali bisa berbohong dengan menganggap barang itu sangat bagus untuk konsumen anda.

Padahal barang tersebut sama sekali tidak dibutuhkan oleh pelanggan anda. Jadi mulailah mencoba hal tersebut.

3.Tantang persepsi mereka

Jika seorang pria mengatakan kepada Anda bahwa dia ingin membeli selang kebun yang murah karena "setiap satu dari mereka hancur setelah beberapa bulan, jadi saya tidak ingin mengeluarkan banyak uang di dalamnya," terserah pada penjualan orang untuk menantang persepsi mereka.

Untuk menjual selang premium seharga USD 40, tenaga penjualan harus mengatakan sesuatu seperti, "Anda tahu air di selang yang ada di musim panas bisa didih? Itu membuat lapisan itu rentan robek dan robek, seperti yang Anda alami sekarang.

Selang ini memiliki lapisan bertulang tiga dan terisolasi yang mencegahnya dan tetap fleksibel meski membeku. " Apa yang sebenarnya diinginkan pelanggan adalah tidak memiliki selang yang bangkrut. Perusahaan selang tersebut melihat adanya kebutuhan pada jenis pelanggan tersebut dan keluar dengan selang premium untuk membantu mereka. Bila salesman tidak menantang persepsi pelanggan, item premium akan tetap ada - sampai mereka ditandai.

4. Jujur

Kebanyakan pelanggan cukup cerdas untuk mengetahui kapan seseorang bersikap jujur terhadap mereka-dan mereka menyukainya! Jika mereka merasa bisa mempercayai Anda, mereka cenderung membeli. Jangan pernah melebih-lebihkan nilai produk atau layanan, dan jangan mengabaikan potensi kekurangannya.

Tidak hanya ketidakjujuran melukai toko Anda dan reputasi Anda sendiri - ini membuat orang pergi tanpa membeli! Itu berarti jika Anda tidak tahu, Anda tidak hanya mengangkat bahu, Anda mengatakan kepada mereka bahwa Anda akan menemukan jawabannya saat itu juga dari orang lain yang tahu.

5. Tambahlah Stok Jualan Anda

Tenaga penjualan yang hebat selalu berusaha meningkatkan jumlah penjualan setelah pelanggan memilih barang atau produk utama mereka. Pikirkan lembar untuk tempat tidur, tas untuk gaun, ikat pinggang untuk celana jins, kompos untuk sebatang pohon. Penambahan bukanlah sesuatu bagi tenaga penjual untuk merasa bersalah. Sebagai wiraniaga, itu tugas mereka-selama mereka jujur - ada kata itu lagi - dan menjual barang-barang yang memberi nilai.

Seringkali, Anda dapat menjual atau menjual silang dengan mengidentifikasi ketakutan pelanggan. Jika Anda dapat memahami apa yang dikhawatirkan konsumen, Anda dapat menunjukkan produk atau layanan tambahan yang benar-benar dapat membantu memecahkan masalah mereka.

6. Belajarlah dari kesuksesan dan kesalahan Anda

Anda tidak berhenti belajar menjadi tenaga penjualan saat pelatihan Anda selesai - ini adalah proses yang berkelanjutan. Mengapa? Karena tenaga penjualan yang hebat adalah siswa perilaku.

Mereka ingin mengerti mengapa seorang pelanggan melakukan atau tidak membeli dari mereka, apa yang mungkin telah mereka lakukan secara berbeda atau bagaimana mereka bisa menyajikan barang dagangan dengan harga lebih tinggi dengan lebih menarik. Tenaga penjualan eceran yang hebat memperlakukan setiap pelanggan sebagai kesempatan untuk mempelajari apa yang berhasil dan mana yang tidak, dan mereka selalu mencari cara untuk memperbaiki diri.

7. Berusaha lebih jauh

Menjual itu seperti hal lain-ketekunan terbayar. Anda tidak ingin memaksa, tapi Anda juga ingin rajin mengikuti tindak lanjut Anda, baik pra-penjualan maupun purna jual jika perlu.

Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda benar-benar peduli dengan pengalaman mereka dan ingin membantu mereka. Itu karena banyak pengecer lain tidak peduli dengan pelanggan mereka.

Secara konsisten membuat kontak personal kecil bisa berjalan jauh untuk meningkatkan penjualan Anda. Dalam banyak hal, melakukan penjualan adalah pacaran, dan tidak ada yang salah dengan pelanggan "merayu" selama Anda jujur dan terus terang.

8. Perhatikan psikologi pelanggan

Tenaga penjualan yang hebat berfokus pada "membaca" kepribadian pelanggan dan melakukan penyesuaian dalam teknik penjualan berdasarkan tipe kepribadian. Misalnya, introvert memerlukan pendekatan penjualan yang berbeda dari pada ekstrovert. Catat bagaimana berbagai jenis orang bereaksi berbeda terhadap pendekatan penjualan, dan ubah teknik Anda sesuai dengan itu.

9. Jangan Bertindak Putus asa

Tidak peduli berapa banyak Anda ingin melakukan penjualan atau kebutuhan untuk melakukan penjualan, jangan mendekati pelanggan dengan tanda dolar di mata Anda. Ingatlah bahwa Anda menjual sesuatu yang akan membuat hidup mereka lebih baik (atau seharusnya), dan sikap Anda harus mencerminkan hal itu kepada pelanggan. Mereka seharusnya merasa ingin membantu mereka-bukan karena mereka membantu Anda!

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini