nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tingkatkan Layanan Kepesertaan,Taspen Gandeng Ditjen Perimbangan Keuangan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 30 Oktober 2017 13:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 30 320 1804962 tingkatkan-layanan-kepesertaan-taspen-gandeng-ditjen-perimbangan-keuangan-xZdKQn4NjL.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan dengan PT Taspen (Persero) melakukan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama mengenai Pengelolaan Data Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNSD) secara elektronik.

Melalui kerjasama pengelolaan data tersebut, maka komponen data PNSD seperti nama dan alamat, tempat tanggal lahir, pangkat atau golongan, jabatan, gaji dan tunjangan serta penghasilan PNSD menjadi lebih akurat.

Bagi Taspen, kerjasama ini  mendukung percepatan bisnis dan layanan kepada peserta Taspen dengan DJPK dengan integrasi data pegawai melalui Interkoneksi Sistem Informasi Daerah (SIKD) dan sistem informasi di Taspen.  Sementara untuk DJPK, kerjasama ini bermanfaat dalam menghitung alokasi dana transfer ke Pemda.

Baca Juga: Jaminan Sosial Dialihkan, Taspen dan Asabri Tak Dibubarkan

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, saat ini cakupan data Taspen baru 484 Pemerintah Daerah (Pemda) yang menggunakan aplikasi 'SIMGAJi TASPEN' dari total 542 pemda. Kemudian jumlah peserta Taspen sebanyak 6,7 juta yang terdiri dari 4,2 juta peserta aktif, 2,5 juta pensiunan.

"Kami harapkan penjanjian kerjasama dan akselerasi teknologi ini dapat bermanfaat bagi peserta mendukung pengelolaan data PNS daerah yang juga merupakan peserta jaminan sosial yang dikelola Taspen baik jaminan pensiun, tabungan, hari tua, jaminan kecelakaan kerja maupun jaminan kematian," tuturnya, di Aula Nagara Dana Rakca, Gedung Radius Prawiro, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Baca Juga: Taspen Siap Beli Saham Baru Waskita Toll Road

Menurut dia, data PNS daerah yang dimiliki Direktorat Jenderal Perimbangan dan Keuangan sangat akurat dan lengkap. Sehingga, dengan kerjasama ini memiliki manfaat dalam penyusunan kebijakan fiskal nasional seperti kebijakan transfer ke daerah dan dana desa dan lainnya.

"Munculnya berbagai inovasi baik dalam hal layanan maupun data, sangat kami apresiasi. Ini menunjukkan bahwa Taspen mendukung terwujudnya Indonesia yang lebih baik," tuturnya.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini