Image

Fintech Harus Bervolusi, Jadi Agen Bantuan Sosial ke Petani

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 15 320 1814545 fintech-harus-bervolusi-jadi-agen-bantuan-sosial-ke-petani-8F8O8M1fUj.jpg Ilustrasi Fintech. (Foto: Beta News)

JAKARTA - Kehadiran lembaga keuangan digital atau financial technology (fintech) diharapkan dapat memberikan manfaat secara sosial. Harapannya, fintech menjadi agen penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu di pedesaan, mengingat luasnya jangkauan fintech.

SVP Government Project II Bank Mandiri Rahmat Broto Triaji mengatakan, sebagai bank yang juga turut menyalurkan bantuan sosial dari pemerintah, Bank Mandiri turut menghadirkan peran fintech.

"Kami mengundang teman fintech terutama yang bergerak di pertanian untuk membantu PT bentukan Bank mandiri, memberikan pembiayaan pendampingan, e-commerce, budi daya, dan sebagainya kepada petani," kata dia dalam acara indoFintech, di Wisma Antara, Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Baca Juga: Tak Bisa Dibendung, OJK Kawal Perkembangan Keuangan Digital di RI

Rahmat melanjutkan, saat ini, pemerintah telah memberikan bantuan kepada 40% sekitar 25 juta penduduk miskin di Indonesia. Pada 2014, penyaluran bantuan sosial diberikan dalam bentuk e-money. Namun, keterbatasan sumber daya masyarakat pedesaan dalam menggunakan e-money melalui smartphone memaksa pemerintah menyalurkan bantuan melalui kartu.

"Kita berkolaborasi dengan fintech bagaimana fintech menyediakan aplikasi. Mereka membantu membeli produk petani, pendampingan petani, sehingga diharpakan dapat meningkatkan kesejahteraan petani," kata dia.

Baca Juga: Punya 17.000 Pulau, Indonesia Cocok Kembangkan Keuangan Digital
 

Selain itu, dari sisi pembiayaan dan penyaluran dana, kehadiran fintech juga diharapkan dapat meningkatkan sumber daya dari para petani. Dimana saat ini, sumber daya petani didominasi oleh para kaum tua yang jarang melek teknologi dan kurang pengetahuan tentang pertanian modern.

"Diharapkan petani saat mereka mendeteksi penyakit meraka tidak melihat satu-satu tapi pakai drone, sehingga tekonologi fintech bisa meningkatakn kinerja teman petani kita yang saat ini teknologi nya rendah, pendidikan rendah, dan berusia tua," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini