nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS LARIS: Ini 3 Tipe Sales, Temukan yang Cocok bagi Tim Anda!

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Minggu 03 Desember 2017 07:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 02 320 1824114 tips-laris-ini-3-tipe-sales-temukan-yang-cocok-bagi-tim-anda-jJnDhVVvjl.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Penjualan perusahaan Anda sangat bergantung dari kinerja sales atau tenaga penjualan. Mereka merupakan ujung tombak pemasaran produk Anda. Oleh karena itu, diperlukan tenaga yang terampil agar penjualan Anda bisa sukses.

Tenaga penjualan yang berbeda memiliki gaya penjualan yang berbeda juga. Gaya dan pendekatan tertentu berhasil di beberapa lingkungan. Oleh karena itu, Anda harus pintar untuk memilih gaya penjualan yang tepat, agar dapat membantu memaksimalkan kekuatan dan meningkatkan kinerja penjualan Anda.

Anda mungkin akrab dengan konsep kepribadian "Tipe A" dan "Tipe B". Pendekatan yang sama dapat membantu mengidentifikasi jenis penjualan Anda. Meskipun, kepribadian penjual tidak selalu hitam dan putih. Paling tidak, ada tiga gaya penjual yang utama.

Berikut ini adalah deskripsi dari tiga identifikasi yang paling tepat untuk menggambarkan kepribadian Anda:

Tipe F atau Finder

Tenaga kerja ini biasanya hidup untuk mencari sensasi dalam berburu. Mereka cenderung agresif, kompetitif dan tidak sabar dengan dokumen. Anda tahu produksi Anda dengan detail. Begitu penjualan dikuasai, dia bisa mencari bahan berikutnya.

Tipe M atau Minder

Minder atau pemikir adalah orang-orang yang senang membangun hubungan. Bagi mereka, proses penjualan sudah dimulai bahkan pada saat toko tutup. Penjual dengan tipe ini biasanya bangga menyediakan layanan pelanggan yang kuat dan gemar menunjukkan rasio ketekunan yang tinggi.

Tipe G atau Grinder

Mereka yang memiliki tipe ini bisa diibaratkan sebagai Energizer Bunny, Robocop of sales. Mereka tidak terhentikan.

Meskipun tidak mencolok seperti Tipe F atau hangat seperti Tipe M, tapi mereka bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tekun. Penolakan tidak akan membuat mereka jatuh. Pengulangan adalah ciri khas mereka, mereka bukan orang yang mudah bosan.

Nah, sekarang tinggal menentukan jenis penjual manakah yang cocok dengan tim A Anda, finder, Minder atau Grinder? Mungkin Anda dominan dalam satu gaya atau mungkin Anda adalah gabungan dari dua jenis.

Apapun masalahnya, setelah Anda mengidentifikasi gaya penjualan utama Anda, pertimbangkan bagaimana hal itu memengaruhi bisnis Anda. Grinder, misalnya, unggul dalam lingkungan yang meminta volume penjualan yang tinggi.

Mengetahui gaya penjualan memungkinkan Anda menemukan kekuatan Anda. Misalnya, bagi seorang Finder, Anda dapat mengetahui bahwa layanan bukanlah kekuatan Anda.

Hadiah Anda adalah ketika mereka memperoleh pelanggan baru, tidak mempertahankan yang sekarang, jadi pastikan orang lain memiliki tanggung jawab itu. Mungkin sudah waktunya untuk menyewa seorang pegawai paruh waktu untuk menangani telepon dan dokumen, membebaskan mereka untuk melakukan apa yang terbaik dalam mengeksplorasi cara penjualan mereka.

Sama seperti jika Anda bertemu dengan seorang Minder, berjaga-jaga jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk melayani. Analisis waktu dan lihat bagaimana mereka menghabiskannya.

Apakah Anda perlu mengirim mereka keluar dari kantor dan menjual produk lebih aktif? Pastikan Anda memanfaatkan hubungan pelanggan dengan peluang penjualan silang. Biarkan semua pelanggan yang puas tahu, apa lagi yang harus Anda tawarkan.

Anda juga dapat menggunakan jenis penjualan ini untuk menilai organisasi Anda. Sebagian besar tim berfungsi paling baik bila kekuatan anggotanya saling melengkapi.

Di sisi lain, ketika mempekerjakan orang dalam penjualan baru, mungkin sangat masuk akal untuk merekrut sendiri Austin Powers-style "Mini-Me" Anda. Karena jika Anda sukses dengan apa yang Anda lakukan, Anda sudah memiliki bukti bahwa gaya penjualan Anda bekerja di dunia Anda.

Jangan menganggap ini sebagai latihan yang memanjakan diri sendiri. Bisnis itu sulit. Pengetahuan adalah kekuatan. Setiap informasi baru selalu memberikan Anda kekuatan untuk mengembang kan diri. Seperti kata mutiara dari Sokrates, "Ketahuilah dirimu sendiri”.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini