Image

Saham-Saham yang Menarik untuk Dikoleksi pada Tahun Politik

Ulfa Arieza, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 20:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 07 278 1827008 saham-saham-yang-menarik-untuk-dikoleksi-pada-tahun-politik-F1MkWHDyv1.jpg Ilustrasi: (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Jelang pergantian tahun investor perlu mencermati saham-saham yang diperkirakan memberikan cuan menjanjikan. Praktisi pasar saham Ellen May mengatakan, saham-saham consumer goods cocok untuk dikoleksi. Pasalnya, tahun depan yang merupakan tahun politik diperkirakan konsumsi masyarakat akan meningkat. 

"Tahun depan untuk blue chips enggak jauh beda berputar di consumer goods. Seperti UNVR dan MYOR," ujarnya di sela-sela peluncuran buku Nabung Saham Sekarang yang merupakan karangan Ellen May, di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (7/12/2017). 

Baca Juga:  Tahun Politik, IHSG Diprediksi Melaju di Rentang 6.300-6.500

Pendiri Ellen May Institute ini melanjutkan saham - saham konstruksi juga cukup menarik lantaran harganya masih cenderung murah. Selain itu, pemerintah juga masih fokus untuk mengembangkan infrastruktur Indonesia.

"Kalau saya melihat sektor yang lagi discounted banget sekarang adalah sektor konstruksi," kata dia.

Baca Juga: Kompak dengan Bursa Asia dan Wall Street, IHSG Dibuka Turun ke 6.028

Menurutnya, pasar modal Indonesia  sangat terhubung dengan perekonomian dunia global, karena perekonomian Indonesia tidak lepas dari negara lain, terutama Amerika Serikat dan China. 

Apalagi, lanjut dia, ekspor Indonesia ke China sangat besar sekali. Selain itu, beberapa kebijakan yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat akan memberikan dampak kepada perekonomian Indonesia, serta negara berkembang lainnya.

Baca Juga: 160 Saham Melemah, IHSG Masih Terpuruk di 6.020

"Dengan Amerika Serikat ketika Donald Trump turunin pajak 20% untuk perusahaan Amerika maka itu akan membuat Earning Per Share (EPS) perusahaan Amerika cenderung naik sehingga ini risikonya investor asing di negara berkembang salah satunya Indonesia bisa hengkang," kata dia.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini