Image

BPJS Kesehatan: Kepuasan Publik Terhadap Layanan Jaminan Kesehatan di Atas 70%

Giri Hartomo, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 18:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 07 320 1826868 bpjs-kesehatan-kepuasan-publik-terhadap-layanan-jaminan-kesehatan-di-atas-70-M9CEBhVtdt.jpg Foto: Giri Hartomo/Okezone

JAKARTA - Selama tiga tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo, tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan cukup memuaskan. Di mana tingkat kesehatan publik atas layanan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam kurun waktu tiga tahun terakhir rata-rata berada di atas 70%.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan pada 2016, kepuasan peserta atas layanan BPJS 78,6%. Adapun indeks kepuasan fasilitas kesehatan mencapai 76,2%.

"Faktanya, tak ada layanan publik yang bisa memuaskan 100% customernya karena tingkat kepuasan setiap orang berbeda. Dari 186 juta peserta JKN-KIS, pasti ada beberapa orang yang tidak puas," ujarnya dalam acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Baca juga: Menkeu Baru Tambal Defisit BPJS Kesehatan Rp7,8 Triliun, Masih Kurang Rp1,2 Triliun

Meskipun begitu lanjut Fachmi, pihaknya akan terus meningkatkan layanan kepada publik. Apalagi saat ini butuh tuntutan tinggi dari segi jumlah peserta maupun jenis penyakit yang ditangani.

Belum lagi, dirinya menargetkan hingga tahun 2019 diharapkan tingkat kepuasan publik layanan JKN mencapai 80% dan 85% untuk fasilitas kesehatan.

Baca juga: Apa Benar Tarif BPJS Kesehatan Bakal Naik?

"Kita akan terus perbaiki dan meningkatkan. Karena kita juga akan terima kritikan karena kita butuh kritikan untuk bisa lebih baik lagi," jelasnya.

Saat ini, total pemanfaatan JKN-KIS sejak tahun 2014 sampai 2017 mencapai 552,9 juta pemanfaatan. Artinya, dalam sehari ada 415 ribu pemanfaatan JKN-KIS, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama maupun di rumah sakit.

Sebagai informasi, hari ini diadakan Forum Merdeka Barat bertajuk Kupas tuntas Layanan JKN. Di mana acara ini diselenggarakan untuk berdiskusi dan mencari jalan keluar untuk layanan JKN yang lebih baik.

Dalam diskusi FMB 9 kali ini turut menghadirkan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Staf Ahli Kementerian Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan Donald Pardede sebagai Staf Ahli Menkes bidang Ekonomi Kesehatan. Selain itu turut hadir pula Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini