Image

Cara Menhub Bebaskan Lahan Bandara Yogyakarta

ant, Jurnalis · Kamis 07 Desember 2017, 18:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 07 320 1826900 cara-menhub-bebaskan-lahan-bandara-yogyakarta-HrSQ3jv5nP.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

YOGYAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan melakukan pendekatan secara persuasif kepada warga terkait permasalahan pembebasan lahan untuk pembangunan Bandara Baru Internasional Yogyakarta yang berlokasi di Kulon Progo.

"Ya persuasif, enggak ada cerita kita mau kasar," kata Budi di sela-sela Seminar Peningkatan kecepatan Kereta Api Koridor Jakarta-Surabaya di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis.

 Baca juga: Bangun Bandara Yogyakarta, 38 Rumah Terpaksa Dirubuhkan

Budi akan mengumpulkan pihak-pihak terkait untuk menemukan solusi permasalahan yang tak kunjung usai itu.

"Saya akan kumpulkan dan diskusika apa yang menjadi masalah, tapi secara umum saya mengimbau Yogyakarta kalau punya bandara baru akan luas biasa kebangkita ekonominya," ujarnya.

 Baca juga: Desember, Pengosongan Lahan Bandara Internasional Yogyakarta Tuntas

Dia menambahkan dengan hadirnya bandara tersebut, perekonomian daerah akan terdongkrak dengan tumbuhnya hotel-hotel dan restoran-restoran baru.

"Saya merasa iri, mengapa Bali bisa, kita tidak karena salah satu keterbatasannya adalah bandara. Saya imbau yuk bantu Yogyakarta untuk menjadi destinasi wisata kedua setelah Bali yang turisnya lima juta orang," tuturnya.

 Baca juga: Bandara Kulonprogo Akan Putus Jalur Jalan Selatan Jawa

Sejumlah penolakan warga terus berlangsung, salah satunya yaitu di kecamatan Temon, Kulon Progo yang disebabkan belum mendapat ganti rugi dari PT Angkasa Pura I.

Aparat pun dikerahkan untuk mempercepat proses pembebasan lahan tersebut, namun warga bersikeras menuntut haknya dan menolak direlokasi.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini