nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bos IKEA Mark Magee Mengundurkan Diri, Hero Segera Gelar RUPS

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 16:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 14 278 1830366 bos-ikea-mark-magee-mengundurkan-diri-hero-segera-gelar-rups-C9N1tQCIm6.jpg GM IKEA Indonesia Mark Magee. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Salah satu direksi PT Hero Supermarket Tbk (HERO) mengundurkan diri. Direksi tersebut adalah General Manager (GM) dari IKEA Indonesia, anak usaha Hero Supermarket.

Melansir keterbukaan informasi yang diterbitkan perseroan di situs Bursa Efek Indonseia (BEI), Kamis (14/12/2017), GM IKEA Indonesia Mark Magee telah mengajukan pengunduran dirinya.

Perseroan pun akan memutuskan apakah menerima pengunduran diri tersebut, melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dalam waktu sesegera mungkin. Namun, perseroan tidak mengungkapkan secara pasti alasan dari pengunduran diri tersebut.

HERO sendiri, telah menginvestasikan dana sebesar Rp302 miliar pada semester I-2017 untuk mengembangkan toko dari sejumlah brand miliknya. Antara lain Hero Supermarket, Guardian, Giant, dan IKEA.

Baca Juga: IKEA Sebut Indonesia Negara yang Paling Sering Ubah Regulasi

Dana yang diinvestasikan perseroan untuk mengembangkan toko-toko baru miliknya itu lebih besar ketimbang semester yang sama pada tahun lalu yang sebesar Rp212 miliar menjadi Rp302 miliar. Di mana 41% untuk relokasi toko, 27% untuk toko-toko baru, 12% untuk peremajaan toko yang ada.

Sekadar informasi, pada semester I-2017 HERO mencatatkan penurunan penjualan 3,8% dari Rp7,2 triliun menjadi Rp6,9 triliun. Untuk penurunan produk makanan sebesar 6,2%. Sementara untuk penjualan produk nonfood mengalami kenaikan 12,2%. Meski penjualan produk food menurun, tapi dia masih mendominasi.

Guna menyehatkan kondisi keuangan, perseroan juga menekankan efisiensi. Beban pokok penjualan turun dari Rp5,4 triliun menjadi Rp5,1 triliun. Kemudian untuk biaya keuangan juga turun 77,38% dari Rp8,7 miliar menjadi Rp1,9 miliar.

Baca Juga: Bos IKEA Rela Tinggalkan Keluarga di Inggris Demi Karier

Imbasnya, semester I-2017 HERO mencatatkan perolehan laba bersih sebesar Rp71,38 miliar, meningkat sebesar 258,6% dibandingkan perolehan laba bersih pada semester I-2016 yang sebesar Rp19,9 miliar.

Untuk menjaga kondisi keuangannya di tengah situasi itu, perseroan memutuskan melakukan efisiensi. Bahkan emiten berkode saham HERO perseroan juga telah menutup sejumlah toko dengan sejumlah pertimbangan. Hal itu terpaksa dilakukan karena diakuinya kondisi beberapa tahun lalu cukup berat.

Bos IKEA Rela Tinggalkan Keluarga di Inggris Demi Karier

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini