nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berpergian ke Luar Negeri Pakai Asuransi, Ini Lho Plus Minusnya

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 25 Desember 2017 05:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 25 320 1835463 berpergian-ke-luar-negeri-pakai-asuransi-ini-lho-plus-minusnya-v2Ul5d3o9r.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Dewasa ini sudah banyak sekali orang yang mengerti apa fungsi dari asuransi. Apa saja yang bisa didapat dengan mendaftarkan diri sebagai nasabah di perusahaan asuransi. Asuransi berguna untuk melindungi nasabahnya apabila ada suatu hal buruk terjadi. Nasabah akan mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan dana saat kondisi mendesak.

Asuransi kini juga semakin berkembang dengan menyediakan pelayanan atau produk baru. Misalnya, dengan asuransi untuk ke luar negeri, tentu hal ini akan sangat menggiurkan bagi sebagian orang yang biasa berpergian ke luar negeri. Jika Anda termasuk dalam orang-orang yang suka berlibur ke luar negeri atau bahkan sering melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, asuransi ini bisa melindungi Anda sepanjang perjalanan.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan nasabah asuransi ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun, ada juga kekurangan yang dari asuransi jika dipakai untuk perjalanan ke luar negeri.

Kelebihan Menggunakan Asuransi Ke Luar Negeri

1. Biaya Berobat

Berpergian ke luar negeri memang akan sangat menyenangkan, terutama jika bersama sahabat, pasangan, atau keluarga. Namun, apa jadinya saat dalam perjalanan Anda mengalami masalah sehingga membuat Anda harus melakukan pengobatan di sana. Tentu hal ini akan memengaruhi kondisi finansial. Pada saat tersebut, sangat tepat bagi Anda untuk menggunakan asuransi jiwa sebagai penolong.

2. Unexpected Events

Asuransi akan sangat bermanfaat untuk digunakan dalam perjalanan ke luar negeri. Misalnya, ketika Anda ke luar negeri dan ada barang pribadi ataupun bagasi yang hilang atau rusak seperti laptop atau handphone, asuransi perjalanan yang Anda gunakan akan menanggung seluruh kerugian atas hilangnya barang selama masih dalam perjalanan.

Kejadian hilangnya barang tentu tidak Anda duga sehingga tidak ada persiapan dana untuk membeli barang lagi dan lain sebagainya. Dalam kondisi mendesak inilah, asuransi akan sangat berguna saat Anda melakukan perjalanan ke luar negeri.

3. Perlindungan Tempat Tinggal

Selain perlindungan yang diberikan pada diri Anda, pihak asuransi juga akan menanggung rumah yang Anda tinggalkan saat berpergian. Polis ini sangat menguntungkan bagi Anda sebagai nasabah asuransi sehingga tidak akan ada lagi yang harus dikhawatirkan ketika berpergian ke luar negeri.

4. Mudah Mendapatkan Visa

Rencana berpergian ke luar negeri dengan menggunakan asuransi akan membuat Anda lebih mudah dalam mendapatkan visa. Tahukah Anda jika beberapa negara di Eropa, termasuk Negara Schengen, telah bersepakat untuk memberikan visa apabila pemohon memiliki asuransi yang sah. Hal ini dilakukan untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan pertolongan kalau terjadi kondisi darurat, misalnya kecelakaan dan lain sebagainya. Selain kelebihan menggunakan asuransi saat melakukan perjalanan ke luar negeri, nasabah juga akan mengalami kerugian dari beberapa hal seperti berikut ini.

Kekurangan Manggunakan Asuransi Ke Luar Negeri

1. Asuransi Berlaku Satu Kali Perjalanan

Asuransi perjalanan ini sangat berbeda dengan jenis asuransi lainnya. Kerugian dari asuransi perjalanan ini berlakunya hanya untuk satu kali perjalanan dengan waktu maksimum 180 hari. Sementara jika Anda memilih annual trip dan menggunakan polis tahunan, perjalanan Anda maksium hanya 60 hari saja.

2. Tidak Semua Bisa Diklaim

Anda tidak bisa mengklaim asuransi jika kondisi buruk yang Anda alami tersebut memang sengaja dilakukan. Misalnya, Anda sengaja mengonsumsi alkohol lalu Anda mengalami kecelakaan. Tentu pihak asuransi akan menganggap jika kejadian tersebut bukan terjadi begitu saja. Namun, Andalah yang memicu terjadinya hal tersebut.

 

3. Harga Premi Mahal

Kekurangan yang ada dalam asuransi perjalanan adalah harga premi yang tidak murah. Hal ini membuat nasabah berpikir berkali-kali untuk menggunakan asuransi perjalanan ke luar negeri. Jika Anda ingin menggunakan asuransi untuk ke luar negeri, bandingkan polis yang ditawarkan dengan premi yang harus dibayar. Selain itu, Anda juga bisa membandingkan harga premi dari satu perusahaan asuransi dengan perusahaan lainnya untuk dapatkan premi dan polis yang sesuai.

Memilih asuransi sebagai pelindung perjalanan saat pergi ke luar negeri memang sebuah pilihan yang bagus. Namun, jangan sampai Anda terjebak dengan polis yang tidak diinginkan. Hal lain yang harus Anda ketahui adalah cara mengajukan klaim pada pihak asuransi. Misalnya, Anda mengalami kecelakaan dan harus mendapat perawatan dokter, Anda harus meminta surat keterangan tentang kondisi kepada dokter atau pihak rumah sakit. Bukti atau surat yang Anda dapat nantinya akan diberikan pada pihak asuransi agar Anda dapat mengklaim pada asuransi yang ada di Indonesia. Selain itu, pastikan juga jika asuransi tersebut menggunakan asuransi dengan skema worldwide provider.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini