nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menpan RB: Lulusan STAN Akan Disebar ke Seluruh Kementerian dan Daerah

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 22:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 28 320 1837172 menpan-rb-lulusan-stan-akan-disebar-ke-seluruh-kementerian-dan-daerah-eyXlAUAt5m.jpg Foto: Feby/Okezone

JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abdnur mengaku sudah berbicara dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait lulusan PKN STAN yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil.

Asman mengatakan, pihaknya meminta supaya lulusan dari PKN STAN tidak semuanya diarahkan menjadi PNS di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Saya sudah bicara dengan Ibu Sri Mulyani. Kita minta tamatan STAN disebar ke seluruh Kementerian dan Lembaga serta daerah. Jadi jangan yang pintar-pintar di Kemenkeu saja," ujarnya dalam acara Penganugerahan Penghargaan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugerah KASN 2017, di Lembaga Administrasi Negara (LAN). Jakarta, Kamis (28/12/2017).

Baca Juga: 200.000 PNS Pensiun, Lowongan CPNS 2018 Dibuka?

Untuk diketahui, sebelumnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama terkait penempatan lulusan PKN STAN Tahun 2017 di 10 Kementerian dan Lembaga. Ada 398 lulusan yang akan ditempatkan di 10 K/L.

Adapun 10 K/L tersebut, Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas).

Baca Juga: Bukan Cuti Bersama, 2 Januari PNS Wajib Masuk Kerja!

Kemudian, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawas dan Pembangunan Keuangan, Badan Narkotika Nasional dan Badan Ekonomi Kreatif.

Asman memastikan, proses penerimaan Pegawai Sipil Negara (PNS) di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengalami transformasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan tidak ada lagi istilah titip menitip pada penerimaan PNS. Dengan begitu, PNS dari Papua bisa saja ditempatkan di Aceh.

Menteri PANRB Asman Abnur mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bahwa tamatan dari institusinya bisa ditempatkan di mana saja. Artinya, tamatan Institut Kemendagri tidak melulu harus kembali ke daerah asalnya.

Baca Juga: Honorarium Ketua Badan Pekerja Komisi Anti Kekerasan terhadap Perempuan Rp17,5 Juta

"Misalnya anak-anak kita dari Papua setelah lulus bisa ditempatkan di Bandungn, Aceh dan sebagainya. Jadi jangan kaget ke depan akan anak Papua jadi Camat di Bali, Madura, Aceh," ujarnya dalam acara Penganugerahan Penghargaan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya Teladan Nasional dan Anugerah KASN 2017 di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Kamis (28/12/2017).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini