nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TIPS KARIER : Ingin Mengubah Karier Anda? Jangan Ragu untuk Konsultasi!

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Minggu 31 Desember 2017 22:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 320 1837569 tips-karier-ingin-mengubah-karier-anda-jangan-ragu-untuk-konsultasi-0ejsMDjrFv.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Semua orang tahu cerita tentang pebisnis yang cerdas dan bertalenta yang kehilangan passion nya karena pekerjaan. Mereka tidak lagi melihat ke depan saat berangkat ke kantor, mereka malah seperti orang yang tidak dapat menemukan jalan keluar.

Ada juga cerita lain tentang orang yang melepaskan kariernya selama 20 tahun sebagai pengacara untuk mencapai hal yang benar-benar berbeda dengan pekerjaan lamanya, yaitu menjadi seorang penulis. Ada lagi cerita mengenai akuntan yang keluar dari perusahaannya dan membangun perusahaannya sendiri. Mereka semua merasa lebih bahagia dengan apa yang mereka lakukan sekarang.

Baca juga: TIPS KARIER: Menangkan Hati si Bos dengan 9 Hal Ini

Seperti dilansir dari Harvard Business Review, pertanyaan tentang apakah pekerjaan ini tepat atau haruskah berganti haluan adalah pertanyaan yang paling sulit di tengah karier seseorang akhir-akhir ini. Dalam satu dekade terakhir, banyak orang yang melakukan perubahan besar pada kariernya dan angkanya terus meningkat. Ada perbedaan antara orang yang menginginkan perubahan namun tetap bertahan dan orang yang berani melakukan perubahan itu pada pertengahan jalan kariernya. Hal itu bukanlah seperti yang Anda bayangkan.

Salah satu contohnya, ada seseorang yang dijanjikan oleh atasannya akan mendapatkan jabatan yang lebih tinggi agar ia mau kembali bekerja untuk perusahaan. Namun, ketika ia memutuskan kembali, ternyata kesempatan untuk naik jabatan harus tertunda. Padahal, ia selalu menomorsatukan perusahaan, tapi ternyata perusahaan mengecewakannya. Ia merasa tidak ada lagi tantangan dalam berkarier. Ia berpikir untuk mengundurkan diri, namun ia memikirkan bagaimana mentor dan koneksinya selama di perusahaan membuatnya ragu. Pada akhirnya, ia bertahan.

Baca juga: TIPS KARIER: Jangan Takut Salah Ketika Mulai Berkarier

Tidak hanya itu, ada lagi cerita tentang seorang mantan bankir investasi dan konsultan yang memutuskan untuk mengundurkan diri. Ia memutuskan ini saatnya untuk mengambil jalan karier yang ia impikan. Untuk mewujudkannya ia memutuskan untuk pergi ke psikolog yang menangani masalah karier untuk mengetahui karier apa yang cocok dengan minat dan nilai yang dimilikinya. Ia juga berbicara dengan teman dan keluarganya serta membaca buku yang mengungkap tips sukses dalam mengubah karier.

Ia kemudian meneliti kemungkinan yang ada dari industri dan perusahaan. Ia membuat dua daftar yaitu profesi yang sama sekali berbeda yang melibatkan hal-hal yang ia sukai dan variasi pada apa yang telah ia lakukan. Setahun kemudian, sebuah alternatif yang layak tak kunjung terwujud. Maka untuk menyukseskan perubahan karier Anda, cobalah lakukan hal-hal berikut:

Rencana Tiga Titik

Banyak orang berpikir, kunci sukses adalah mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya dibanding menggunakan ilmu dalam menuntun jalan menuju sukses. Namun, perubahan sebenarnya akan terjadi jika Anda benar-benar melakukannya secara nyata. Jadi, lakukan dulu, ketahui nanti.

Ketahui Diri Sendiri

Dengan mempelajari diri sendiri seperti apakah Anda extroverted atau introverted, apakah Anda lebih cocok pada pekerjaan yang terstruktur atau yang tidak terstruktur. Hal ini akan membantu Anda menemukan diri Anda yang sesungguhnya sehingga Anda dapat mengetahui pekerjaan apa yang cocok.

Namun, jika Anda terlalu lama mencoba banyak pekerjaan hanya untuk menemukan pekerjaan yang paling cocok untuk Anda, ini juga tidak disarankan. Hal ini bisa terjadi karena Anda berfantasi dengan pekerjaan yang Anda inginkan yang sebenarnya tidak ada.

Berkonsultasi dengan Penasihat yang Terpercaya

Anda tentu boleh saja mengonsultasikan perubahan karier yang Anda inginkan kepada keluarga dan teman terdekat Anda. Namun, ada baiknya Anda juga pergi dan berbicara kepada ahlinya. Karena ketika Anda berusaha untuk menemukan diri Anda, kadang orang-orang yang paling mengenal Anda adalah orang-orang yang paling memiliki kemungkinan untuk menghalangi daripada menolong Anda.

Baca juga: TIPS KARIER : Ingin Lamaran Anda Dilirik? Lakukan 7 Hal Ini

Berpikir Secara Luas

Untuk melakukan perubahan tentu membutuhkan waktu untuk menemukan apa yang benar-benar ingin Anda ubah dan mengidentifikasi kebiasaan dan asumsi yang sangat beralur yang menahan Anda. Cobalah buat satu langkah berani yang bisa membawa Anda kembali ke titik awal.

Proses transisi yang lebih lama dan tidak linier mungkin membuat Anda merasa bahwa Anda membuang-buang waktu. Namun dengan mengambil langkah-langkah yang lebih kecil dapat memungkinkan redefinisi identitas kerja kita yang lebih kaya dan mendasar untuk muncul.

Tiga Cerita Kesuksesan

Hampir semua orang yang berhasil menemukan karier impiannya memiliki cerita yang panjang. Mereka biasanya berada pada paling tidak tiga karier yang berbeda sebelumnya yang kadang hampir benar-benar beda dari apa yang dikerjakan sekarang karena untuk menemukan karier impian membutuhkan waktu yang lama.

Sebagian besar transisi karier memakan waktu tiga tahun. Hal ini jarang terjadi secara linier. Biasanya Anda akan maju dua langkah kemudian maju satu. Hal ini yang sering kali mengejutkan.

Identitas Kerja

Selama masa transisi, diri Anda akan bergejolak dengan liar. Satu-satunya cara untuk menciptakan perubahan adalah dengan memasukkan identitas diri kita ke dalam praktik, bekerja, dan menyusunnya sampai mereka mampu menentukan langkah-langkah ke depan.

Eksperimen

Eksperimen mengacu pada praktek yang menciptakan proyek sampingan. Keuntungan besar yang di dapat adalah Anda dapat mencoba peran profesional baru dalam skala terbatas tanpa mengorbankan pekerjaan Anda saat ini atau harus segera terjun ke posisi baru dengan cepat. Di hampir setiap contoh perubahan sukses, biasanya mereka melakukan hal ini.

Pergeseran Koneksi

Pergeseran koneksi mengacu pada praktek untuk menemukan orang-orang yang dapat membantu Anda melihat dan tumbuh ke dalam diri Anda yang baru. Bagi mereka yang sukses berkarier, tokoh pemandu atau komunitas profesional baru membantu mereka dalam menerangi jalan dan melindungi lompatan akhir.

Masuk Akal

Mengatur kejadian dalam kehidupan menjadi sebuah cerita yang koheren adalah salah satu tantangan karier yang paling baru namun paling menuntut. Menemukan kembali diri dengan mengolah kembali cerita seseorang.

Pada awal transisi karier, ketika semua yang Anda miliki adalah hal-hal yang tidak masuk akal namun dengan hal itu Anda jadi memiliki cerita. Ini mengganggu Anda untuk menemukan pilihan yang tepat dari begitu banyak pilihan berbeda yang menarik. Hal ini berhasil membuat Anda khawatir bahwa Anda mungkin memilih pilihan yang buru sekali lagi. Namun, tanpa sebuah cerita yang menjelaskan mengapa Anda harus berubah, audiens eksternal akan sulit percaya dan Anda juga akan merasa tidak tenang dan tidak pasti.

Jalan yang Kini Ditempuh

Untuk berhasil dalam mengubah perjalanan karier Anda menjadi seperti yang Anda inginkan membutuhkan sebagian besar waktu dan energi Anda untuk berefleksi, agar dapat merencanakannya. Kadang ini membuat Anda untuk menyerah mencari rencana baru dan malah menempuh jalan yang salah. Namun yang tampaknya merupakan proses misterius adalah praktek belajar-dengan-melakukan yang bisa Anda adopsi. Anda dapat memulai dengan mengambil tindakan. (ljs)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini