Resolusi Keuangan 2018 bagi si Pemboros, Ingatlah "Dosa Keuangan"

Anisa Anindita, Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 06:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 05 320 1840676 resolusi-keuangan-2018-bagi-si-pemboros-ingatlah-dosa-keuangan-5QkYudZNXt.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Membuat resolusi seharusnya bukan hanya sekadar menuliskan harapan dan cita-cita yang ingin diraih saja, melainkan harus terealisasikan. Meski begitu, ada beberapa cara yang sebaiknya digunakan agar resolusi yang telah Anda targetkan itu bisa menjadi sebuah kenyataan.

Tidak melulu membuat resolusi jangka panjang, Anda dapat memulainya dengan resolusi jangka pendek. Di mana, dengan terealisasinya target resolusi jangka pendek maka akan terukur dapat tercapai juga atau tidak untuk resolusi jangka panjangnya.

Lalu, bagaimana dengan resolusi keuangan bagi si pemboros?

Perencana Keuangan Andi Nugroho memberikan tips bagi si pemboros, yakni harus mengetahui penyebab Anda dosa keuangan yang menyebabkan Anda menjadi boros. “Dari judulnya saja sudah ketauan kalau dia pemboros,berarti ya mengurangi dulu tingkat keborosannya, dan penyebab sisi mana yang menjadikan dia boros,” ungkapnya kepada Okezone.

 Baca juga: Awal Tahun 2018, Sudah Buat Resolusi Keuangannya?

Kemudian setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat mengurangi penyebab itu sendiri, misalnya saja Anda boros karena setiap sore pergi ke cafe untuk menikmati secangkir kopi, atau setiap akhir pekan berjalan-jalan, bahkan pergi ke supermarket dengan membeli barang yang tidak terlalu Anda butuhkan.

Setelah dua tips itu sudah bisa Anda terapkan, buatlah target-target apa yang ingin dicapai pada tahun ini atau beberapa tahun ke depan. Selain itu, Anda harus merencanakan keuangan Anda juga agar dapat tercapainya resolusi keuangan, dan target-target Anda.

Lalu kalau sudah begitu, bertanggungjawablah atas target yang Anda buat sendiri, yakni dengan cara mendisiplinkan diri. “Setelah itu berdisiplin dengan apa yang sudah direncanakan, dan jangan mudah tergoda dengan hal lain. Karena godaan itu akan membawa kita ke sifat pemboros,” tambah Andi.

Baca juga: 5 Cara Habiskan Hari Libur Tanpa Keluar Uang Banyak

Tidak hanya itu, dalam membuat resolusi tidak perlu terlalu banyak, sedikit saja yang penting dapat tercapai semua. Hal itu dapat menyebabkan Anda sulit memfokuskan pikiran terhadap beberapa titik tertentu, dan bisa membuat semua resolusi Anda gagal terwujud pada tahun depan.

Kendati demikian, Anda sendiri harus menciptakan kondisi yang mendukung untuk mewujudkan berbagai macam resolusi. Sebagai contoh, jika Anda ingin lebih mahir dalam menguasai satu bidang baru, maka Anda harus mempunyai kemampuan, dan niat ingin berusaha agar tidak hanya jadi sekadar resolusi belaka saja.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini