nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awal Tahun 2018, Sudah Buat Resolusi Keuangannya?

Anisa Anindita, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 15:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 30 320 1837878 awal-tahun-2018-sudah-buat-resolusi-keuangannya-yseej7ZDtm.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Menjelang pergantian tahun 2017 ke 2018, pasti banyak rencana yang telah diperisapkan saat membuka tahun 2018. Memikirkan liburan akhir tahun 2017 memang penting, tetapi alangkah pentingnya untuk membuat resolusi keuangan di tahun 2018.

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho mengatakan bahwa resolusi yang tepat ialah yang sesuai atau paling tidak mendekati keinginan dan kebutuhan kita. “Yang pasti resolusi yang dibuat janganlah yang mengawang-ngawang berada di langit,” ungkap Andi kepada Okezone.

Namun, buatlah yang mengarah ke tujuan, dan target kita secara spesifik dan detail. Rencana juga harus bersifat terukur, artinya kita bisa membuat parameter atas pencapaian diri sendiri, yang dapat dicapai, dan bukan mengandai-andai. “Harus realistis dan ada jangka waktu yang ditetapkan misalnya setahun ke depan,” tambahnya.

Baca juga: Libur Natal dan Akhir Tahun, Waspada "Penyakit Kangker" Mengintai

Jadi, misalnya saat ini Anda belum mempunyai rumah sendiri, maka solusinya ialah harus memiliki ialah memiliki rumah sendiri. Selain itu, harus mengetahui juga bagaimana spesifikasi dari model, ukuran, harga, dan lokasi rumah yang Anda inginkan. “Jadi terukur, bila DP yang diperlukan untuk beli rumah itu misalnya Rp50 juta, maka saat ini kita sudah punya tabungan berapa, dan sampai akhir tahun bisa dapat berapa,” jelasnya.

Intinya dalam membuat resolusi tahunan itu harus realistis. Jika tidak sesuai harapan, lebih baik ubah target tersebut sehingga mendapatkan rumah yang realistis bisa terbeli. “Realistis dan dapat dicapai artinya dengan gaji kita yang semisal Rp5 juta per bulan. Dan kita mengharapkan bisa membeli rumah seharga Rp1 miliar apakah realistis? Nah itu yang harus dipertimbangkan,” tegasnya.

Baca juga: 5 Cara Habiskan Hari Libur Tanpa Keluar Uang Banyak

Tidak hanya itu, dalam membuat resolusi keuangan juga harus memikirkan jangka waktunya, misalnya tahun ini belum bisa memenuhi uang down payment (DP) untuk rumah yang diinginkan, artinya Anda harus memperpanjang waktu dalam pengumpulan uang hingga tahun depan.

“Semua resolusi tergantung dari kebutuhan dan goal setiap orang. Ada yang merencanakan pernikahan, membeli mobil, ingin merenovasi rumah, mau menyekolahkan anaknya, dan lain-lain,” tandasnya. (lid)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini