TIPS KARIER: 3 Alasan Orang Lebih Incar Kerja di "Perusahaan Mapan"

Efira Tamara Thenu , Jurnalis · Minggu 07 Januari 2018 22:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 07 320 1841355 tips-karier-3-alasan-orang-lebih-incar-kerja-di-perusahaan-mapan-CpyZdKLpDp.jpg Ilustrasi Tenaga Kerja. (Foto: Reuters)

JAKARTA – Pemerintah tengah mendorong keberadaan perusahaan start-up, sehingga mampu menggerakkan ekonomi. Sayangnya, Banyak orang yang lebih ingin bekerja pada perusahaan yang sudah stabil.

Kebanyakan karyawan ingin bekerja untuk perusahaan yang stabil. Sedikitnya 12 studi menunjukkan bahwa banyak pencari kerja tertarik pada perusahaan berkelanjutan.

Sebagian besar bukti ini, berasal dari studi eksperimental yang dilakukan di kalangan mahasiswa. Ketika siswa lulus dan mencari pekerjaan seperti orang lain, ada pola yang sama dalam dua studi lapangan di antara pencari pekerja.

Menjadi perusahaan yang sudah memiliki nama merupakan sumber keunggulan kompetitif. Studi menunjukkan mereka mampu menarik lebih banyak pelamar, dengan demikian maka dapat secara dramatis meningkatkan kesempatan mereka untuk mendapatkan karyawan yang kompeten.

Berikut adalah tiga alasan mengapa para pencari kerja menginginkan pekerjaan di perusahaan mapan.

1. Perusahaan Mapan Memiliki Gengsi Tersediri

Kebanyakan orang memilih untuk bekerja di perusahaan besar atau perusahaan yang mapan karena mereka percaya, dengan bekerja di perusahaan yang prestisius adalah kebanggaan tersendiri. Selain itu, mereka juga menganggap akan lebih diterima di lingkungan sosial dengan hal ini.

2. Perusahaan Mapan Menunjukkan bahwa Mereka Peduli dengan Karyawannya

Bagi beberapa pencari kerja, akan lebih baik jika sebuah perusahaan benar-benar peduli dengan kesejahteraan masyarakat. Hal itu, bisa menjadi salah satu indikasi bahwa perusahaan akan memperlakukan karyawan dengan baik.

Salah satu yang paling sering dilakukan adalah menunjukkan kepedulian terkait lingkungan, dengan pesan seperti: Kami berusaha untuk mengurangi dampak lingkungan, karena kami peduli dengan bagaimana kita memperlakukan planet ini, sama seperti kita peduli dengan bagaimana kita memperlakukan orang-orang kita

Beberapa orang mungkin skeptis terhadap pesan seperti ini, bahkan memandangnya sebagai taktik pemasaran. Tapi para pencari kerja tahu bahwa tujuan utama perusahaan adalah menghasilkan uang.

3. Perusahaan Mapan Menghubungkan Nilai-Nilai organisasi dengan Nilai-Nilai Pribadi Pekerja

Pencari kerja menginginkan perusahaan yang nilainya sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Lebih dari tiga dekade penelitian menunjukkan bahwa kecocokan yang dirasakan seseorang, dengan sebuah organisasi, merupakan pendorong utama keputusan pilihan pekerjaan.

Jika Anda ingin sukses memanfaatkan inisiatif keberlanjutan saat rekrutmen, ingatlah bahwa perusahaan mapan hanya bisa memberi nilai tambah jika mereka mendapatkan pekerja yang sesuai. Gunakan beberapa hal untuk memberi tahu perusahaan tentang diri Anda, seperti lewat situs web perusahaan, halaman karir, testimonial karyawan, selebaran rekrutmen, percakapan dengan perekrut, dan pengumuman posisi.

Hindari greenwashing. Jika karyawan baru menemukan bahwa pesan tentang praktik berkelanjutan yang pada awalnya menarik mereka benar-benar hanya kepalsuan, mereka akan menjadi kesal dan beberapa akan pergi. Pesan tentang keberlanjutan perlu mencocokkan kenyataan yang akan dialami karyawan baru.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini