nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temukan Uang Digital Baru, Orang Ini Sukses Jadi Miliarder

Lusia Widhi Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018 09:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1843890 temukan-uang-digital-baru-orang-ini-sukses-jadi-miliarder-fgqwDXrZA0.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Uang digital atau uang kripto (cryptocurrency) menjadi fenomena di dunia pada tahun 2017. Penyebabnya, karena nilai mata uang digital ini terus naik dan diperkirakan melambung hingga lebih dari USD600 miliar.

Dari uang digital baru ini mampu menciptakan miliarder baru. Sebut saja pendiri dan mantan CEO Ripple Chris Larsen. Demikian dilansir Forbes.

Mata uang kripto ini dinamakan XRP yang diciptakan Ripple. Pada Senin 1 Januari, kapitalisasi pasar XRP mencapai USD88,9 miliar, setiap XRP diperdagangkan pada USD2,39, menurut Coinmarketcap. Seminggu sebelumnya juga, Ripple telah melampaui Ethereal untuk menjadi aset uang kripto paling berharga kedua.

 Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Saling Salip Jadi Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Larsen saat ini memiliki 5,19 miliar XRP dalam rekening pribadinya serta 17% saham di perusahaan. Kekayaang Larsen menyentuh USD37,7 miliar dan membuat dirinya masuk daftar orang terkaya Amerika versi Forbes.

Miliarder baru dari uang digital baru adalah Brad Garlinghouse yang saat ini memiliki saham sebesar 6,3% di Ripple menurut sumber. Dia memiliki kekayaan bersih minimal USD9,5 miliar.

Selain itu orang kaya dari XRP adalah pendiri Ripple Jed McCaleb, yang meninggalkan perusahaan pada tahun 2013 dan mencapai kesepakatan dengan Ripple mengenai XRP yang dimilikinya.

McCaleb mengatakan bahwa dia menyumbangkan 2 miliar XRP. Sisa 5,3 miliar XRP lainnya pada Febuari dan dijatuhkan padanya setiap bulan. Jika McCaleb memiliki semua akses terhadap seluruh token XRP sekaligus, maka bisa dipastikan dia akan menjadi seorang miliarder.

Baca juga:Jeff Bezos Bukan Orang Terkaya Sepanjang Sejarah, Bagaimana Bill Gates?

XRP sendiri memiliki distribusi yang berbeda dengan bitcoin. XRP cenderung tersentralisasi; dengan rincian Ripple memegang 61,3 miliar XRP, termasuk total 55 miliar yang diletakkan di rekening bersama (escrow). Hanya 38,7 miliar XRP saja yang hingga saat ini sudah tersebar ke berbagai pengguna.

Sebaliknya, bitcoin kurang terkonsentrasi, meskipun para pemilik generasi awal masih menyimpan sangat banyak token mata uang digital itu.

Satoshi Nakamoto, pencipta Bitcoin diyakini memiliki jumlah yang besar dengan perkiraan kepemilikan bitcoin sebesar 980.000 atau USD13,4 miliar.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini