Image

Jepang Catat Surplus Neraca Berjalan hingga USD12 Miliar

ant, Jurnalis · Jum'at 12 Januari 2018, 10:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 01 12 320 1843910 jepang-catat-surplus-neraca-berjalan-hingga-usd12-miliar-3kNSnWiW3m.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

TOKYO - Jepang mencatat surplus transaksi berjalan sebesar 1,35 triliun yen (USD12 miliar) pada November tahun lalu, kata pemerintah dalam sebuah laporan Jumat.

Menurut Departemen Keuangan, November menandai bulan ke 41 berturut-turut, neraca berjalan negara tersebut mengalami surplus.

Laporan awal menunjukkan bahwa perdagangan barang membukukan surplus 181,0 miliar yen (USD1,62 miliar), karena ekspor yang kuat.

Sementara itu, surplus di akun pendapatan primer, yang menunjukkan pendapatan Jepang dari investasi luar negeri, mencapai 1,33 triliun yen (USD11,95 miliar pada periode pencatatan), kementerian tersebut mengatakan.

Surplus neraca berjalan Jepang adalah salah satu ukuran perdagangan terluas dengan seluruh dunia, dan datanya dipertimbangkan secara tajam oleh bank sentral Jepang, Bank of Japan (BoJ), serta Kementerian Keuangan, menjelang perubahan kebijakan potensial baru atau pelonggaran moneter atau langkah-langkah penarikan likuiditas.

Pada Selasa (9/1), bank sentral Jepang dalam operasi pasarnya mengurangi pembelian obligasi pemerintah jangka panjang.

Langkah tersebut memicu spekulasi bahwa BoJ mungkin, untuk selanjutnya, mempertimbangkan langkah-langkah pelonggarannya, seperti yang terjadi pada bank-bank sentral utama lainnya, walaupun tidak ada pengurangan lebih lanjut dalam pembelian obligasi bank tersebut pada Kamis (11/1).

Di Jepang, surplus transaksi berjalan meningkatkan aset-aset asing neto negara itu dengan jumlah yang sesuai, dan defisit transaksi berjalan melakukan sebaliknya.

Baik pembayaran-pembayaran pemerintah Jepang maupun swasta termasuk dalam perhitungan dan itu disebut transaksi berjalan, karena barang-barang dan jasa-jasa pada umumnya dikonsumsi pada periode berjalan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini